Ngabuburit Rasa Konservasi Bersama KTH Wilayah Cianjur

Sabtu, 09 April 2022

Cianjur, 9 April 2022. Mengawali Bulan Ramadhan tahun ini, Penyuluh Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) ngabuburit sekaligus berdiskusi ke Kelompok Tani Hutan (KTH) binaan.

Kunjungan pertama diawali ke KTH Anca Raya bersama Polhut dan Kepala Resort Gunung Putri membahas salah satunya tentang penilaian kelas KTH terhadap kelompok yang baru berumur kurang dari 1 tahun ini. KTH Anca Raya merupakan kelompok binaan BBTNGGP yang bergerak di bidang wisata alam, berlokasi di Kampung Pasir Cina, Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur. Anggota KTH Anca Raya berusia sekitar 23-30 tahun, sehingga KTH ini sangat adaptif terhadap informasi dan teknologi masa kini. KTH mulai melakukan promosi usaha wisata melalui akun media sosial Instagram @kth_ancaraya.


 
Kunjungan selanjutnya, ngabuburit bersama KTH Raksa Alam yang dilaksanakan di rumah Ketua KTH Desa Padaluyu, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur. KTH Raksa Alam merupakan kelompok binaan BBTNGGP yang juga baru terbentuk pada tahun 2021 bergerak di bidang peternakan dan pertanian. Sebagian besar anggota KTH merupakan mantan penggarap dalam kawasan hutan pada tahun 2015. Pemahaman masyarakat terhadap keberadaan kawasan TNGGP dari tahun ke tahun semakin meningkat. Saat ini anggota KTH Raksa Alam sedang membuat persemaian jenis-jenis asli seperti rasamala dan puspa di kawasan TNGGP. Bibit hasil persemaian ini nantinya agak digunakan untuk penanaman di lahan bekas garapan yang saat ini telah menjadi zona rehabilitasi. Sebagian lainnya untuk dijual sebagai salah satu bentuk usaha KTH. Anggota KTH Raksa Alam berusia antara 45-50 tahun, namun semangat dan motivasi untuk menjaga kawasan dan menjalankan usaha tidak kalah dengan generasi masa kini.
 
Hutan yang hijau tidak hanya berdampak baik untuk kesejahteraan masyarakat, tetapi juga bagi makhluk hidup lainnya. Yuk, jaga hutan sekitar kita.
 
Sumber : Sisca Widiya A - Penyuluh Kehutanan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Dokumentasi : Mira Rosanti dan Dadang Rosadi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini