Cegah Kegiatan Prevetif Dengan Patroli Terpadu

Senin, 28 Maret 2022

Labuan Bajo, 28 Maret 2022 . Satuan Polisi Kehutanan (Satpolhut) Balai Taman Nasional Komodo menyelenggarakan giat patroli terpadu bersama mitra pada tanggal 16– 20 Februari 2022. Patroli terpadu kali ini dipimpin oleh Rawuh Pradana (Polisi Kehutanan Ahli Pertama) dan melibatkan mitra dari anggota Kepolisian Resort Manggarai Barat dan Kepolisian Air dan Udara (Polairud) POLDA Nusa Tenggara Timur.

Giat bidang perlindungan dan pengamanan kawasan hutan ini diselenggarakan sebagai bentuk kegiatan preventif untuk menjaga keutuhan ekosistem dalam kawasan Taman Nasional Komodo dari ancaman tindak pidana kejahatan, seperti diantaranya perburuan liar ataupun illegal fishing. Selama melaksanakan kegiatan, tim patroli terpadu berhasil menjelajahi kawasan Taman Nasional Komodo dengan jangkauan mencapai 360 km.

Tim patroli terpadu melakukan pemeriksaan terhadap 13 orang nelayan yang ditemui di perairan kawasan Taman Nasional Komodo. Tim memeriksa alat tangkap yang digunakan oleh nelayan dan memastikan hasil tangkapan ikan yang disimpan di kapal. Tim tidak menemukan adanya aktivitas yang mencurigakan dan melanjutkan penjelajahan ke wilayah selanjutnya.

Kegiatan patroli terpadu ini terus dilakukan sebagai bentuk komitmen Balai Taman Nasional Komodo untuk mempertahankan kelestarian sumber daya alam dan ekosistem hayati yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Patroli terpadu pun dilakukan sebagai jaminan untuk memberikan rasa aman dan nyaman terhadap wisatawan yang beraktivitas di dalam kawasan Taman Nasional Komodo.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penanggungjawab Berita: Kepala Balai Taman Nasional Komodo - Lukita Awang Nistyantara, S.Hut., M.Si. (+6285215959862)

Penulis Berita: Polisi Kehutanan Ahli Pertama - Rawuh Pradana, S.H. (+6281387028089)

Penyunting Berita: Pengendali Ekosistem Hutan Ahli Pertama - Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S. (+6281310300678)

Informasi Lebih Lanjut: Call Center Balai Taman Nasional Komodo (+6282145675612)

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini