Pupuk Kebersamaan Melalui Media Gathering

Senin, 28 Maret 2022

Pekanbaru, 28 Maret 2022  - Balai Besar KSDA Riau bersama Fauna & Flora International (FFI)  Indonesia Programme menggelar media gathering, Jumat (25/3) dengan mendatangkan nara sumber dari akademisi sekaligus jurnalis DR.Afni Zulkifli, S.AP., M.Si dan seorang budayawan sekaligus jurnalis Kunni Masrohanti, S.Ag. Balai Besar KSDA Riau menyadari bahwa peran media sangat penting sebagai mitra konservasi terutama untuk mensosialisasikan dan menggaungkan kesadaran konservasi kepada masyarakat.

Media gathering ini untuk melihat perkembangan hasil kerjasama kedua belah pihak selama tahun 2021 pada kawasan Semenanjung Kampar yaitu Suaka Margasatwa (SM) Tasik Serkap, SM Tasik Besar Serkap dan SM Tasik Belat. Kerjasama dilakukan untuk mendukung upaya konservasi harimau sumatera, gajah dan habitatnya, pemberdayaan masyarakat desa penyangga baik yang berada di dalam maupun di sekitar kawasan konservasi, dan mendukung upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia di bidang konservasi bagi petugas Balai Besar KSDA Riau.

Kegiatan yang telah dilakukan diantaranya mendukung pelaksanaan deklarasi konservasi TWA Sungai Dumai, pembekalan survey Sumatra Wide Tiger Survey (SWTS), penyusunan peta kerawanan konflik satwa, dan studi banding pelaksanaan SMART Patrol. Untuk masyarakat melakukan pendampingan masyarakat yang lebih intensif selama masa konflik sekaligus melakukan sosialisasi dan pembentukan kelompok penanganan konflik manusia dan satwa Harimau sumatera, strategi pengelolaan hewan ternak agar meminimalisir terjadinya konlik serta beberapa kegiatan lainnya. Hal ini sejalan dengan prinsip konservasi yang digaungkan dengan 3M nya yaitu Mutual Respect, Mutual Trust dan Mutual Benefit. Konservasi tidak seperti eksakta, konservasi harus dilakukan lintas batas, dilakukan secara humanis dan memberi manfaat pada masyarakat.

Semoga kerjasama Balai Besar KSDA Riau dengan FFI Indonesia Programme dan berbagai pihak dapat terlaksana sesuai yang diharapkan dan akan semakin banyak lapisan masyarakat yang menyadari pentingnya konservasi untuk keseimbangan alam ini.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini