Ilomata River Camp, Surga Tersembunyi di dalam Kawasan TN Bogani Nani Wartabone

Kamis, 03 Februari 2022

Bone Bolango, 3 Februari 2022. Drh. Supriyanto selaku Kepala Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) bersama Bapak Hamim Pou, Bupati Bone Bolango, pada hari Selasa (1/2/2022) meresmikan objek wisata baru "Ilomata River Camp" di Desa Ilomata, Kecamatan Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango Gorontalo. Objek wisata baru itu menawarkan wisata minat khusus, camping, wisata air dan nuansa alam bagi para pecinta alam.

Perjalanan menuju Ilomata River Camp dapat ditempuh sekitar 1 - 2,5 jam dari Bandara Internasional Djalaluddin, jaraknya 51 - 60 kilometer (km), dengan tiga kali melintasi sungai besar dan kecil. Bila menggunakan sepeda motor, pengunjung dapat menempuhnya menggunakan jembatan penyeberangan hingga sampai di lokasi. Sedangkan bila menggunakan mobil, pengunjung harus memarkir kendaraannya sekitar dua kilometer dari lokasi dan dilanjutkan dengan jalan kaki atau mengendarai sepeda motor.

Lelahnya perjalanan akan terbayar sudah saat pengunjung sampai di lokasi. Wisata yang menyajikan konsep alam dengan wahana arung jeram dan perkemahan tersebut mampu menghipnotis pengunjung. Dinginnya air sungai Bulango menjadi salah satu daya tarik wisatawan saat berada di wisata tersebut. Pepohonan rindang yang tumbuh di bantaran sungai pun menjadi penyebab udara di sekitar sangat sejuk ditambah kicau burung yang ada di sekitar kawasan TNBNW.

Pengunjung yang datang bisa memesan paket wisata sebesar Rp 300 ribu per tenda untuk kapasitas empat orang selama masa promosi. Itu sudah termasuk sarapan dan bisa bermain perahu kano selama dua jam. Di tempat ini juga kebersihan lingkungan sangat terjaga dan didukung oleh fasilitas seperti tempat sampah yang disedikan oleh Pemerintah Desa Ilomata berkolaborasi dengan pihak BTNBNW.

Bupati Hamim mengatakan wisata minat khusus itu merupakan hasil kerja sama pemerintah Desa Ilomata dengan BTNBNW. “Saya salut dengan pemerintah desa yang bisa membuat konsep wisata berbasis desa seperti ini,” kata Hamim. Karena berkonsep minat khusus, Hamim mengatakan masyarakat tak perlu berharap pengunjung di tempat ini akan massal. "Yang akan ke sini adalah orang-orang tertentu yang ingin menyatu dengan alam," ujarnya.

Bupati Hamim mengaku senang dengan hadirnya lagi tempat wisata baru di Bone Bolango. Menurut Bupati Hamim tempat wisata tersebut merupakan surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Bone Bolango. "Ini konsep yang sangat luar biasa lahir dari kolaborasi antara TNBNW dan Pemerintah Desa yang menghasilkan manfaat yang luar biasa" ujar Hamim. Bupati Hamim juga mengimbau warga agar menyajikan hidangan khas setempat untuk wisatawan. Sehingga, wisatawan bisa menikmati panorama dan sajian khas daerah itu. Selain itu Bupati Hamim berharap tempat wisata ini bisa berdampak untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat yang ada di Desa Ilomata dan Bone Bolango.

Dalam sambutannya, drh. Supriyanto mengatakan “Semoga kolaborasi ini diharapkan bisa menjadi role model dalam pengembangan ekowisata dan kerja sama dengan desa-desa di sekitar kawasan, khususnya kawasan TNBNW”. Pengelolaan wisata Ilomata Rivercamp ini diserahkan langsung kepada kelompok ANOA, yang merupakan salah satu kelompok Binaan dari BTNBNW.

Sementara itu, Kepala Desa Ilomata Abdulrahman Usman mengatakan pihaknya memiliki program pengembangan wisata desa, untuk mendorong perekonomian masyarakat dengan memanfaatkan hutan dan sungai yang masih alami. “Kebetulan lokasi yang kami anggap cocok itu titiknya berada di dalam kawasan TNBNW dan ternyata pihak balai BTNBNW juga menyetujui, makanya lahir kerjasama wisata ini,” ujar Kepala Desa.

Kepala Desa Ilomata juga mengatakan, tempat wisata tersebut sudah mulai dirintis sejak akhir Desember 2021 dengan sumber anggaran dari Dana Desa yang dikolaborasikan dengan Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.

Acara ini turut dihadiri Direktur PLN, Sekda Kabupaten Bone Bolango, Asisten Bupati, Kepala SKPD Kabupaten Bone Bolango, Kepala BPKH Wilayah XVII Gorontalo, Kepala BPDAS Bone Bolango, Balai GAKKUM, seluruh Kepala SPTNW 1 Limboto, Kepala Resort dan staff TNBNW serta, Camat, Para Kepala Desa dan masyarakat Desa Ilomata.

Sumber : Diah Ayu Lestari, S.Hut. - Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini