TN Gunung Merapi Tempat Favorit Penelitian Mahasiswa

Selasa, 18 Januari 2022

Sleman, 17 Januari 2022. Taman Nasional Gunung Merapi dengan keanekaragaman hayatinya menjadi salah satu daya tarik mahasiswa untuk penelitian dan praktek lapangan. Pada kesempatan kali ini, Mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (2 tim) dan Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (1 tim) akan melakukan praktek lapangan dan magang mandiri yang diawali dengan  presentasi serta diskusi rencana penelitian, Senin (17/1). 

Satu tim dari Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada akan meneliti tentang inventarisasi spesies penyusun vegetasi pada habitat Lutung Jawa (Trachypithecus auratus) di Taman Nasional Gunung Merapi, sebagai upaya melengkapi kerja praktek mereka.  Penelitian yang terkait juga dilakukan satu tim lainnya, mengamati habitat asli Lutung Jawa (Trachypithecus auratus).  Keduanya melakukan penelitian di Sapuangin, Resort Pengelolaan Taman Nasional (RPTN) Kemalang, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Boyolali Klaten.    

Selain kedua tim tersebut, ada juga tim dari Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang meneliti keanekaragaman jenis burung di RPTN Srumbung, SPTN Wilayah I Magelang Sleman, menggunakan alat bioacoustics.

Rekan-rekan mahasiswa ini sedianya akan melaksanakan penelitian dengan tetap taat pada syarat dan ketentuan yang ditentukan Taman Nasional Gunung Merapi, antara lain terkait dengan jarak aman dari puncak Gunung Merapi serta protokol kesehatan Covid19.

***

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Merapi

Facebook : Taman Nasional Merapi
Instagram : @btn_gn_merapi
Twitter : @btngunungmerapi
Call Center : 081327691368

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini