Enam Kelompok Masyarakat Desa Penyangga Kawasan TN Gunung Merbabu Terima Bantuan Ekonomi Produktif

Senin, 10 Januari 2022

Boyolali, 29 Desember 2021. Penghujung tahun 2021 ini, Balai Taman Nasional (TN) Gunung Merbabu kembali memberikan bantuan Fasilitas Usaha Ekonomi Produktif kepada 6 (enam) kelompok masyarakat desa penyangga kawasan. Kelompok masyarakat dengan berbagai jenis usaha mendapatkan bantuan berupa peralatan dan mesin untuk menunjang usahanya. Tidak hanya usaha dalam bidang pertanian hortikutura yang merupakan sumber mata pencaharian sebagian warga masyarakat, namun juga usaha dalam bidang pemanfataan jasa lingkungan baik air maupun wisata, pengelolaan sampah, kesenian tradisional, dan persemaian tanaman hutan.

Keenam kelompok masyarakat yang mendapatkan bantuan yaitu Kelompok Tani Guyub Rukun Desa Pogalan, Kelompok Pecinta Alam KOMPPAS Desa Batur, Kelompok Pemanfaat Air Tirta Lancar Desa Bawang, KPA Rajawali Desa Tarubatang, Kelompok Wahyu Budoyo Desa Ngagrong, serta Kelompok Tani Panji Kinasih Desa Senden. Bantuan diserahkan Kepala Balai TN Gunung Merbabu Ir. Junita Parjanti, M.T dengan disaksikan masing-masing kepala desa.

Dalam kesempatan penyerahan ini juga dilaksanakan diskusi dengan kelompok masyarakat beserta kepala desa tentang proyeksi pengembangan usaha yang dilaksanakan kelompok. Kolaborasi berbagai pihak diperlukan dalam proses pemberdayaan masyarakat. Keberhasilan dalam kegiatan pengembangan usaha ekonomi masyarakat diharapkan dapat membantu mewujudkan masyarakat yang mandiri dan sejahtera.

Sumber : Nur A. – Penyuluh Kehutanan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini