Penguatan Kelompok Mitra Pariwisata TWA Pulau Kembang

Senin, 03 Januari 2022

Pulau Kembang, 30 Desember 2021 – Penguatan Kelompok Mitra Pariwisata Taman Wisata Alam (TWA) Pulau Kembang di Kantor Resort KSDA TWA Pulau Kembang merupakan implementasi dari Perjanjian Kerjasama (PKS) antara BKSDA Kalimantan Selatan dengan PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Dan Penyaluran Kalimantan. Kegiatan diikuti oleh 30 peserta  yang merupakan pemandu lokal di TWA Pulau Kembang dan berasal dari desa Pulau Alalak dan Desa Tinggiran Ilir.

Kepala Balai KSDA Kalsel Dr. Ir. Mahrus Aryadi, M.Sc memberikan materi "Pengembangan Pariwisata Alam Lingkup BKSDA Kalsel" dan Dewi Setiawati, SE.,MM Ketua Litbang DPD ASITA Kalimantan Selatan memberikan materi "Kiat Menjadi Pemandu Wisata Yang Baik" dengan moderator Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Banjarbaru M. Ridwan Effendi, S.Hut.,M.Si. Perwakilan dari pihak PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Dan Penyaluran Kalimantan turut hadir bersama Kepala Desa Pulau Alalak, Kepala Desa Tinggiran Ilir dan Kepala Resort Suwandi.

Dalam paparannya Kepala BKSDA Kalsel menjelaskan bahwa pengembangan pariwisata alam lingkup BKSDA Kalsel dilakukan pada 4 kawasan, yaitu: TWA Pulau Burung Dan Pulau Suwangi, TWA Pelaihari, TWA Pulau Bakut dan TWA Pulau Kembang. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain meliputi pembangunan sarana prasarana pendukung pariwisata, penataan obyek daya tarik wisata alam, promosi dan informasi serta pemberdayaan masyarakat mitra pariwisata. Pada kesempatan berikutnya, ibu Dewi Setiawati memberikan kiat menjadi pemandu yang baik adalah dengan selalu bersikap ramah dan murah senyum kepada setiap pengunjung yang datang. Mengetahui daerah asal pengunjung bagi pemandu sangat penting agar komunikasi bisa interaktif dan informatif.

2-2022-01-03 at 07.42.04

Pada akhir kegiatan Dr. Mahrus menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan Dan Penyaluran Kalimantan atas kerjasamanya dalam mendukung upaya optimalisasi pengelolaan TWA Pulau Kembang. Kepada kedua Kepala Desa yang hadir juga diapresiasi dan diharapkan kerjasama lebih dipererat. Juga berpesan kepada peserta kegiatan  pemandu lokal agar selalu menjaga kebersihan fasilitas sarana prasarana obyek wisata serta menerapkan protokol kesehatan dalam melayani pengunjung. (ryn)

Sumber : Hendra - PEH Seksi Konservasi Wilayah II Banjarbaru Balai KSDA Kalimantan Selatan 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini