Kolaborasi Penanaman di Hulu Cipelang

Jumat, 24 Desember 2021

Sukabumi, 23 Desember 2021. Penanaman pohon dilaksanakan Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah II Sukabumi – Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) bersama Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Bumi Wibawa (TBW) Kota Sukabumi sebagai upaya pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan (RKT) Tahun 2021 di daerah tangkapan air (catchment area) yang berada di Resort PTN Selabintana.

Penanaman kali ini dilakukan dengan menggunakan metode pengkayaan jenis (enrichment planting). Lokasi penanaman cenderung rapat, namun didominasi oleh semak belukar sehingga vegetasi tingkat semai, pancang, dan tiang sangat jarang. Penanaman kali ini diharapkan dapat berhasil agar daerah tangkapan air tetap terjaga dengan banyaknya tingkat pohon yang tumbuh besar. Sampai saat ini total bibit yang telah ditanam oleh Perumda Air Minum TBW Kota Sukabumi adalah sebanyak 1760 bibit.

Penanaman bukan sekedar menanam bibit kemudian ditinggalkan dan dibiarkan tumbuh sendiri, namun lebih dari itu. Butuh proses pemantauan dan evaluasi apakah penanaman yang telah dilakukan berhasil atau tidak. Oleh karena itu, selain pihak TNGGP dan perwakilan Perumda Air Minum TBW Kota Sukabumi, pelaksanaan kegiatan penanaman ini dilakukan dengan melibatkan masyarakat setempat, Masyarakat Mitra Polhut, Volunteer Panthera, dan mahasiswa PKL dari D3 Vokasi Ekowisata - IPB University.

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Bumi Wibawa (TBW) Kota Sukabumi merupakan salah satu pemegang Izin Usaha Pemanfaatan Air (IUPA) skala kecil berdasarkan SK.53/KSDAE/SET/KSA.3/1/2017 tanggal 30 Januari 2017. Perumda Air Minum TBW Kota Sukabumi memiliki komitmen dalam melestarikan daerah tangkapan air di sekitar sungai Cipelang, Resort PTN Selabintana, selama dua tahun terakhir. Komitmen ini sesuai dengan apa yang telah tertuang dalam RKT Tahun 2021, dimana salah satunya adalah kegiatan penanaman bibit pohon asli di daerah tangkapan air dalam rangka menjaga kualitas dan kuantitas debit sumber air. Giat kali ini merupakan kegiatan lanjutan dari RKT Perumda Air Minum TBW Kota Sukabumi tahun sebelumnya. Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 880 bibit, diantaranya rasamala, janitri, salam, dan manglid yang merupakan jenis asli kawasan TNGGP.

Semoga dengan terjaganya kelestarian kawasan TNGGP, ketersediaan sumber air akan selalu terjaga dengan baik. Karena, keberadaan sumber air tersebut sangat tergantung pada kondisi ekosistem di dalam kawasan TNGGP. Manfaatnya pun akan dirasakan tidak hanya oleh masyarakat yang berada di sekitar kawasan, namun untuk masyarakat secara umum bahkan dunia.

Sumber : Febriyani, S.Hut (Penyuluh Kehutanan Muda) dan Enike Ratna Sari, S.Hut (PEH Pertama) - Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
Dok : Tim Publikasi Bidang PTN Wilayah II Sukabumi

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini