Konsultasi Publik Rencana Pemberdayaan Masyarakat

Jumat, 24 Desember 2021

Padang, 24 Desember 2021. Mungkin tak asing lagi mendengar tentang pemberdayaan masyarakat. Ya sebelumnya di tahun 2021 Balai KSDA Sumatera Barat sudah melakukan pemberdayaan masyarakat  dan memberikan bantuan ekonomi kepada masyarakat di sekitar kawasan konservasi. Hal ini bertujuan agar masyarakat sekitar kawasan dapat membuat suatu kelompok usaha yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sehingga masyarakat sekitar kawasan tak lagi bergantung dengan kawasan konservasi dan kawasan tetap terlindungi. 

Kegiatan pemberdayaan masyarakat ini tak berhenti di tahun 2021, hal ini dibuktikan dengan adanya kegiatan konsultasi publik rencana pemberdayaan masyarakat.  Pelaksanaan Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Rencana Pemberdayaan Masyarakat (RPM) Lingkup Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Balai KSDA Sumatera Barat dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 14 Desember 2021 bertempat di The Premiere Hotel Padang. Kegiatan ini dihadiri oleh 30 orang peserta undangan dari instansi-instansi terkait yang berada di lingkup SKW II Kabupaten Tanah Datar.  

Penyusunan Rencana Pemberdayaan Masyarakat ini merupakan bagian dari Rencana Pengelolaan Kawasan Suaka Alam, Kawasan Pelestarian Alam, dan Taman Buru yang disusun oleh kelompok kerja yang dibentuk Kepala Unit Pelaksana Teknis, yakni Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat, berdasarkan hasil kajian dan mempertimbangkan rencana pengelolaan dengan melibatkan para pemangku kepentingan lainnya yang disusun untuk periode 5 (lima) tahun. Dengan adanya konsultasi publik penyusunan Rencana Pemberdayaan Masyarakat ini diharapkan tersusunnya Dokumen Rencana Pemberdayaan Masyarakat Di Sekitar Kawasan Konservasi Lingkup Wilayah Kerja Seksi Konservasi Wilayah II Batusangkar Tahun 2021-2025. Selain itu dengan adanya dokumen perencanaan dapat menjadi pedoman dalam menentukan target lokasi pemberdayaan dan jenis bantuan yang akan di berikan dapat tepat sasaran. 

Pada acara ini peserta dari instansi-instansi terkait sangat mendukung dan akan berkontribusi dalam pelaksanaan rencana pemberdayaan masyarakat. Mereka berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa penyangga kawasan hutan konservasi. 

Kegiatan Konsultasi Publik Penyusunan rencana Pemberdayaan Masyarakat ditutup dengan penandatanganan berita acara oleh seluruh peserta acara, serta menyepakati rencana pemberdayaan masyarakat yang telah dibuat oleh kelompok kerja Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Barat. 

Semoga kegiatan pemberdayaan masyarakat ini menjadi salah satu solusi bagi masyarakat yang menggantungkan hidupnya kepada kawasan hutan. Yuk jaga hutan kita, hutan lestari masyarakat hidup bahagia !!

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini