Peningkatan Kapasitas Staf Balai TN Batang Gadis Melalui Pelatihan Aplikasi Teknologi

Selasa, 14 Desember 2021

Panyabungan, 14 Desember 2021 - Memasuki penghujung tahun 2021, kesempatan untuk tetap meningkatkan keahlian para staf terus diupayakan oleh Balai Taman Nasional Batang Gadis (Balai TNBG). Berkolaborasi bersama Conservation International Indonesia, Balai TNBG baru saja menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Aplikasi Penginderaan Jauh, Sistem Informasi Geografis, dan Analisis Data Hasil Penelitian” yang berlangsung sejak tanggal 6-8 Desember 2021. Kegiatan ini diikuti oleh 21 staf Balai TNBG, 1 staf KPH VIII Kota Nopan, dan 2 anggota Forester Indonesia yang merupakan salah satu perwakilan mitra lokal Balai TNBG.

Pada hari pertama pelatihan, para peserta saling berbagi pengalaman dan informasi mengenai pengelolaan file dan folder data camera trap menggunakan Software Renamer. Kemudian analisis mendalam menggunakan Software Spatially Explicit Capture Recapture (SECR) dalam program R, untuk estimasi kepadatan dan ukuran populasi Harimau sumatra dari data camera trap. Hari selanjutnya, para peserta belajar mengenai analisis remote sensing serta pembuatan accuracy output analisis, dan di hari terakhir pelatihan, dilakukan pelatihan mengenai analisis persen tutupan pohon/hutan serta layout peta dan manajemen berbagi file menggunakan ArcGIS.

Selama 3 hari pelatihan, pemahaman para peserta meningkat sebesar 50%. Melalui kegiatan ini, diharapkan agar kapasitas yang dimiliki oleh para staf Balai TNBG dapat mendukung efektivitas pengelolaan Taman Nasional Batang Gadis secara tepat, akurat, dan berkelanjutan. Adapun hasil dari setiap survei ataupun penelitian yang dilakukan dapat diproyeksikan menjadi jurnal ataupun karya ilmiah di waktu yang akan datang.

 

Sumber : Balai TN Batang Gadis

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini