MPA Balai TN Gunung Rinjani Upgrade Pengetahuan

Jumat, 03 Desember 2021

Mataram, 3 Desember 2021. Pembinaan Masyarakat Peduli Api (MPA) lingkup Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Tahun 2021 di Villa Bambu Rinjani Desa Senaru Kab. Lombok Utara dilaksanakan tanggal 1-2 Desember 2021. Pembinaan ini untuk merefresh dan meningkatkan pengetahuan kelompok MPA sekaligus updating kelompok MPA yang masih eksis membantu TNGR dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Kegiatan yang di buka secara resmi oleh Dedy Asriady Kepala Balai TNGR dihadiri Danramil Bayan, Kepala Desa Loloan, perwakilan Kepala Desa Senaru, Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I TNGR, Desa Sembalun Lawang, Sembalun Bumbung, Sembalun Timba Gading, Sajang wilayah SPTN II TNGR. Dalam kesempatan ini Dedy Asriady memberikan arahan dan dorongan supaya anggota MPA jauh lebih utama memahami terkait tindakan pencegahan kebakaran dibandingkan upaya pemadaman, serta pentingnya keikut sertaan anggota MPA dalam penanganan kebakaran hutan di Rinjani karena jika terjadi kebakaran di Rinjani akan berdampak juga terhadap kesejahteraan masyarakat lingkar Rinjani yang sebagian besar anggota MPA merupakan pelaku wisata di Rinjani.

Adapun pemateri kegiatan ini berasal dari Dinas LHK Prov. NTB, Balai TNGR, Koramil Bayan, Sat Brimob Polda NTB, KPH Rinjani Barat dan KPH Rinjani Timur.
dengan materi yang disampaikan antara lain Kebijakan KemenLHK dalam bidang Pengendalian kebakaran hutan di kawasan konservasi; Pencegahan kebakaran hutan; Pengenalan peralatan pemadaman kebakaran hutan; Kesamamptaan; Teknik pemadaman kebakaran dan SAR dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K).

Mari bersama-sama kita jaga Rinjani dari kebakaran hutan dan lahan

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini