Tiga Kelompok Tani Binaan BKSDA Sumbar Terima Bantuan dari Bupati Sijunjung

Jumat, 03 Desember 2021

Padang, 3 Desember 2021. Untuk menjalin kerjasama dan meningkatkan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Sijunjung, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir didampingi Kepala Balai KSDA Sumatera Barat (BKSDA Sumbar) Ardi Andono  pada hari kamis tanggal 2 Desember 2021 menyerahkan secara simbolis bantuan pengembangan usaha ekonomi produktif dari BKSDA Sumbar kepada 3 (tiga) kelompok tani daerah penyangga kawasan konservasi.

Adapun bantuan tersebut diberikan kepada Kelompok Tani Jaya Abadi-Nagari Solok Ambah Kecamatan Sijunjung berupa 4 unit mesin pengolahan Kopi Robusta dari biji sampai menjadi bubuk siap konsumsi, Kelompok Tani Hulu Batang Takung-Nagari Sungai Lansek Kecamatan Kamang Baru berupa bibit tanaman kopi robusta sebanyak 6.920 batang dan Kelompok Tani Bunga Tanjung-Nagari Langki Kecamatan Tanjung Gadang berupa indukan untuk budidaya kambing berjumlah 35 ekor. Adapun nilai masing-masing bantuan ekonomi ke setiap Kelompok Tani adalah kurang lebih 50 juta rupiah.

Ketiga nagari tersebut telah menandatangani Kesepakatan Konservasi dimana seutuhnya mengakui keberadaan kawasan konservasi dan bekerja  bersama dengan BKSDA Sumbar. Selain itu ketiga nagari tersebut mempunyai potensi dan kebutuhan yang berbeda-beda sehingga usaha yang dikembangkanpun beragam. Usaha ekonomi tersebut bisa saling bersinergi kedepannya seperti hasil produksi kopi dari Nagari Sungai Langsek dapat juga diolah di Nagari Solok Ambah, keduanya dapat saling melengkapi. 

Dalam acara penyerahan bantuan Kepala Balai KSDA Sumatera Barat Ardi Andono, S.TP. M.Sc  berharap program pemberdayaan/pengembangan ekonomi masyarakat desa binaan ini bisa berjalan lancar dan berkelanjutan dalam program lima tahun kedepan. Dengan adanya kegiatan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat daerah penyangga CA. Batang Pangean I dan II serta kawasan hutan bisa terjaga dan lestari. Semoga penyerahan bantuan ini dapat memotivasi masyarakat dalam upaya meningkatkan kemandirian, tingkat kesejahteraan dan mutu kehidupan yang lebih baik, dengan kata lain masyarakat sejahtera hutan tetap lestari. 

Sementara itu Bupati Sijunjung juga berharap semoga kedepan semakin banyak  lagi kelompok tani hutan yang dibina oleh BKSDA SUMBAR sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan yang berkelanjutan. Pemberian bantuan ekonomi disektor pertanian oleh BKSDA Sumbar telah sesuai dengan visi misi Bupati Sijunjung yang menjadikan sektor pertanian ini menjadi prioritas utama. 

Kerja bersama untuk mensejahterakan masyarakat di kawasan konservasi lingkup Ditjen KSDAE sesuai dengan cara baru kelola kawasan konservasi dimana masyarakat sebagai subyek kegiatan, kerjasama lintas kementrian dan juga mengedepankan kearifan lokal setempat.

Sumber : Balai KSDA Sumatera Barat

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini