Balai Besar KSDA Sumatera Utara Bahas PKS Pemasangan Pipa Instalasi Air di CA/TWA Dolok Tinggi Raja

Jumat, 19 November 2021

Suasana rapat pembahasan di kantor Resort CA./TWA. Dolok Tnggi Raja

Dolok Tinggi Raja, 19 Nopember 2021. Balai Besar KSDA Sumatera Utara menggelar rapat pembahasan rencana Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan pihak pemerintahan desa pada Rabu (17/11) di kantor Resort Cagar Alam/ Taman Wisata Alam (CA/TWA) Dolok Tinggi Raja. Para pihak bersepakat untuk melakukan perjanjian kerja sama penguatan fungsi kawasan konservasi berupa pemasangan/penanaman pipa instalasi air  yang melintasi kawasan Cagar Alam (CA) dan Taman Wisata Alam (TWA) Dolok Tinggi Raja sepanjang ± 1.221 meter, dengan rincian : ± 742 meter berada di TWA. Dolok Tinggi Raja dan ± 479 meter di CA. Dolok Tinggi Raja.

Perjanjian yang direncanakan akan berlangsung selama 5 (lima) tahun ini juga menyepakati dalam pelaksanaannya tetap memperhatikan dan mempertahankan kelestarian/kemanfaatan kawasan CA. Dan TWA. Dolok Tinggi Raja. Rapat pembahasan ini berdasarkan permohonan dari Pangulu Nagori Marubun Lokkung, Desa Marubun Lokkung, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun, melalui suratnya Nomor : 141/385/2005/2021 tanggal 28 Juni 2021, perihal Permohonan Pemasangan Pipa. Pemasangan pipa instalasi air merupakan kebutuhan penting bagi masyarakat desa sekitar dalam rangka pemenuhan kebutuhan akan air bersih untuk air minum. Tindak lanjut surat permohonan tersebut baru direalisasikan sekarang ini, mengingat sebelumnya desa ini terindikasi covid-19 sehingga tidak dapat dilaksanakan.

Plt. Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara Ir. Irzal Azhar, S.Hut., M.Si., yang memimpin rapat bersama peserta Kepala Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar Seno Pramudito, S.Hut., M.E., Plh. Kepala Bagian Tata Usaha Andoko Hidayat, S.Hut., M.P., Kepala Sub Bagian Program dan Kerjasama Elvina Rosinta Dewi, S.Hut., M.I.L., Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Kisaran Alfianto Luat Siregar, S.Hut., M.T., M.PP., Sekretaris Desa Marubun Lokkung beserta staf, dan Kepala Resort CA./TWA. Dolok Tinggi Raja Onar Sitanggang, memutuskan akan meneruskan hasil rapat/pertemuan kepada Direktur Jenderal KSDAE untuk ditindaklanjuti.

Sumber : Inggrid Tarihoran, S.Hut. - Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini