Penilaiam METT pada 13 Kawasan Konservasi BBKSDA Riau

Minggu, 14 November 2021

Pekanbaru, 15 November 2021 - Balai Besar KSDA Riau bersama instansi dari Pemda Kabupaten Pelelawan, Kab. Kampar, Kab. Siak, Kab Meranti, Universitas Riau, Universitas Lancang Kuning, Flora Fauna International, PT Arara Abadi, PT RAPP, PT GCN, Pemerintah Daerah yang berada di sekitar kawasan konservasi lingkup Balai Besar KSDA Riau  serta beberapa masyarakat melakukan Penilaian Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi. Penilaian tersebut dilakukan dengan metode Management Effectiveness Tracking Tool (METT) pada tanggalm 10 – 11 November 2021.

Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, pada tahun 2021 ini penilaian dilakukan melalui online atau zoom sehingga ada nuansa yang berbeda. Penilaian dilakukan pada 13 kawasan konservasi baik Cagar Alam, Suaka  Margasatwa, serta Taman Wisata Alam. Dalam pelaksanaan penilaian masing masing peserta diberikan kesempatan untuk menyampaikan pendapat serta bukti bukti yang mendukung atau melemahkan pemberian skor penilaian.

Penilaian ini ditujukan untuk mengukur sejauh mana pengelolaan kawasan konservasi dilakukan yang dilihat dari 5 aspek yaitu kontek, perencanaan, input, proses dan outcome. Rekomendasi rekomendasi dalam proses penilaian menjadi point penting untuk menjadi usulan tindak lanjut pada tahun depan dalam pengelolaan kawasan konfirmasi ini.

Terimakasih untuk semua pihak atas partisipasi dalam penilaian ini dan menjadi bahan evaluasi bagi kami dalam menjalani amanah pengelolaan konservasi ini.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini