Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat Binaan Balai Besar KSDA Riau

Rabu, 10 November 2021

Pekanbaru, 9 November 2021, Beragam upaya dilakukan Balai Besar KSDA Riau untuk meningkatkan kapasitas kelompok masyarakat di sekitar kawasan konservasi agar perekonomian masyarakat meningkat. Kali ini upaya tersebut diwujudkan melalui kegiatan pelatihan usaha ekonomi produktif lebah madu kelulut di sekitar kawasan Suaka Margasatwa Giam Siak Kecil, tepatnya di Kampung Buantan Besar, Kecamatan Siak, Kabupaten Siak. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 9 November 2021.

Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan diantaranya Kelompok Tani Hutan (KTH)  Hutan Tunas Baru (Desa Buantan Besar Kabupaten Siak), KTH Tuas Berseri (Desa Tuah Indrapura Kabupaten Siak) dan KTH Pesisir Melayu (Desa Muara Dua Kabupaten Bengkalis).

Materi yang diberikan yakni pengenalan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), teknik pemasaran, pembentukan koperasi dan pengurusan IUM (Izin Usaha Mikro) yang disampaikan oleh Julio Karya, SE dan Arinda Novita, selaku perwakilan dari Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Siak. Materi lainnya tentang manajemen pemeliharaan dan kesehatan sapi serta manajemen pemeliharaan lebah kelulut yang disampaikan oleh Drh. Tondi Prawira Lubis selaku perwakilan dari Dinas Perikanan, Perternakan dan Kelautan Kabupaten Siak.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, masyarakat dapat lebih produktif dan kreatif  untuk meningkatkan perekonomiannya sehingga dapat menguatkan fungsi kawasan itu sendiri.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini