Balai Besar KSDA Sumatera Utara Dampingi Kelompok Tani Studi Banding Ke Lombok

Senin, 08 November 2021

Kelompok Tani  belajar budidaya lebah di Kelompok Madu “Harapan Keluarga”

Pematangsiantar, 8 November 2021. Balai Besar KSDA Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) mendampingi beberapa kelompok tani binaan melakukan studi banding ke Balai Taman Nasional Gunung Rinjani dan Balai KSDA Nusa Tenggara Barat di Lombok, selama 5 (lima) hari dari tanggal 26 s.d 30 Oktober 2021. Kegiatan ini tidak hanya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan juga sebagai media sharing informasi dan pengalaman bagi kelompok tani di sekitar kawasan konservasi sesuai dengan bidang kegiatan/usaha yang digeluti, maupun bagi aparatur/pegawai pendamping kelompok tani.

Di Taman Nasional Gunung Rinjani, rombongan melakukan serangkaian kegiatan, seperti : peninjauan Kelompok Madu “Harapan Keluarga” di Desa Salut, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, eksplore Desa  Wisata Senaru (pintu pendakian wisata Senaru, Desa Adat Senaru dan air terjun Sendang Gila), eksplore pengelolaan manajemen pendakian Gunung Rinjani di pintu pendakian wisata Sembalun, peninjauan lokasi pengolahan kopi “Kopikey Sembalun”, peninjauan Kelompok Pertanian Asitaba, bawang putih dan strawberry “Dayan Rurung” Desa Sembalun Bumbung dan peninjauan lokasi pemulihan ekosistem kawasan konservasi di Desa Bebidas, Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur.

Belajar dari Kelompok Pertanian Asitaba “Dayan Rurung”

Sedangkan di Balai KSDA Nusa Tenggara Barat kegiatan studi banding dengan melakukan kunjungan serta eksplore Taman Wisata Alam (TWA) GunungTunak yang memiliki Sanctuary Rusa Timor, dimana pengelolaan dan pengembangan kawasan ini bekerjasama dengan Korea, khususnya dalam pembangunan fasilitas dan sarana prasarana.

Kunjungan ke TWA Gunung Tunak didampingi Kepala BKSDA Nusa Tenggara Barat

Bagi kelompok tani binaan BBKSDA Sumut, studi banding ini memberikan pencerahan dan inspirasi yang menambah wawasan dan pengalaman sebagai bekal untuk nantinya diaplikasikan/diterapkan di tempatnya masing-masing. Terima kasih dan apresiasi kepada Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani beserta staf dan juga Kepala Balai KSDA Nusa Tenggara Barat beserta staf, yang telah mendampingi dan memfasilitasi kunjungan rombongan sehingga kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. 

Studi banding ini diikuti Kepala Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar, Seno Pramudita, S.Hut., ME.,  Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, Alfianto Luat Siregar, S.Hut., MT., M.PP., Kepala Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung, Manigor Lumbantoruan, S.Hut., Ketua Kelompok Tani Alam Lestari, Ketua Kelompok Tani Bunga Meranti, Ketua Kelompok Tani Huta Dolok, Ketua Kelompok Wisata Tinggi Raja serta para pendamping kelompok masyarakat dan PSM. 

Sumber : Hafsah Purwasih, S.Hut. - Penyuluh Kehutanan Balai Besar KSDA Sumatera Utara

 

 

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini