Balai TN Taka Bonerate Asah Kapasitas Petugas Resort

Senin, 01 November 2021

Pulau Tinabo, 31 Oktober 2021. Balai Taman Nasional Taka Bonerate mengadakan peningkatan kapasitas petugas resort selama 3 (tiga) hari, pada 29 - 31 Oktober 2021. Sebanyak 30 orang petugas resort mengikuti kegiatan hasil kerjasama Balai TN Taka Bonerate dengan mitra Wildlife Conservation Society - Indonesia Program (WCS-IP) untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan, dan kinerja petugas dalam pengelolaan Taman Nasional berbasis resort.

Kepala Balai, Faat Rudhianto, S.Hut., M.Si, menyampaikan, bahwa para petugas resort harus mampu bersosialisasi dan melakukan pendekatan kepada masyarakat.

"Petugas resort harus mampu berbaur dan bersosialisasi dengan masyarakat yang merupakan modal utama pendekatan untuk merubah cara penangkapan ikan dari destructive dan illegal menjadi ramah lingkungan", tutur Faat Rudhianto.

"Saya yakin teman-teman memiliki cara masing-masing dalam melakukan pendekatan kepada masyarakat, misalnya dengan ngopi-ngopi sambil bercerita, intinya jika masyarakat sudah mau diajak berkomunikasi dan merasa dekat dengan petugas, maka akan lebih mudah mengarahkan masyarakat ke arah yang lebih baik", tambah Faat Rudhianto.

Kepala Balai juga memberikan apresiasi kepada panitia, narasumber, dan peserta yang telah meluangkan segenap waktu, tenaga, dan pikiran sehingga kegiatan ini dapat dilaksanakan.

Tiga materi diberikan oleh para narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu Taufik Hidayat, S.Kom, Balai TN Taka Bonerate (Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Memento dan SiMATA-TAKA dalam Pengumpulan Data di Resort; Abdul Muis, WCS-IP (Penggunaan Aplikasi Smart Patrol); dan Ir. Irwan Setiawan, M.Sc., BDLHK Makassar (GIS dan Pemetaan Dasar).

Hadir pada kegiatan ini, yaitu Kepala Balai TN Taka Bonerate, Kepala Sub Bagian Tata Usaha , Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Jinato, dan Tim WCS-IP.

Sumber: Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini