Kapal Wisata Mendukung Susur Sungai Sabuhur Suaka Margasatwa Pelaihari

Senin, 01 November 2021

Sabuhur, 28 Oktober 2021 – Banyaknya destinasi wisata di Kabupaten Tanah Laut memberikan berbagai pilihan dan daya tarik bagi pengunjung yang ingin berekreasi.  Ekowisata susur sungai di Desa Sabuhur Kecamatan Jorong yang mulai dikembangkan masyarakat setempat merupakan opsi menarik dalam menikmati panorama alam.  Selain itu dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan dalam mendukung pengembangan wisata tersebut.

Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Selatan (BKSDA Kalsel) mewujudkan dukungan tersebut dengan memberikan bantuan satu unit kapal wisata.  Bantuan itu diserahkan langsung oleh Kepala BKSDA Kalsel Dr.Ir.Mahrus Aryadi, M.Sc kepada Ketua Kelompok Sadar Wisata Konservasi (POKDARWISKON) “Pantai Baru”, Bapak Nordin. “Bantuan Kapal Wisata ini diharapkan akan menjadi sarana dan daya tarik pengunjung untuk berwisata di Desa Sabuhur” ujar Nordin. 

Dr. Mahrus mengatakan pemberian bantuan kapal wisata dengan kapasitas 15 orang penumpang tersebut dimaksudkan untuk untuk mendorong ekowisata susur Sungai Sabuhur yang terhubung langsung dengan Kawasan Suaka Margastawa Pelaihari (Pantai Muara Sabuhur) yang merupakan wilayah pengelolaan BKSDA Kalsel.  Ekowisata susur sungai yang dikembangkan merupakan wisata minat khusus seperti pengamatan satwa (Bekantan, Buaya dan Burung Air).  Kemudian wisata memancing (Udang, ikan) serta wisata menikmati panorama Alam Pantai Muara Sabuhur.  “Wisata ini diharapkan juga sebagai pendidikan konservasi (Edutourism) bagi pengunjung terkait kawasan konservasi dan satwa yang dilindungi Undang-undang” tambah Mahrus. 

Rute Ekowisata disampaikan Kepala Resort Suaka Margasatwa Pelaihari Akhmad Fauzan, S.Hut dimulai dari Desa Sabuhur kemudian menyusuri sungai Sabuhur dan berakhir di Pantai Muara Sabuhur (Suaka Margasatwa Pelaihari). “Sementara ini, untuk menikmati keindahan Pantai Muara Sabuhur pengunjung wajib mengurus Surat izin masuk kawasan konservasi (SIMAKSI)’’ jelas Fauzan.

Turut hadir dalam acara penyerahan Bantuan Kapal Wisata tersebut, KSBTU BKSDA Kalsel, Suwandi, S.Hut, M.A, KPH Tanah Laut (Bapak Rusdi Mairi), Mitra BKSDA Kalsel seperti PT Adaro Indonesia (Bapak Ade) dan PT Arutmin Indonesia Site Asam-Asam (Bapak Fajri). Dengan hadirnya para mitra diharapkan terjalin Sinergitas dan dukungan para pihak dalam mengembangkan Ekowisata Susur Sungai di Desa Sabuhur serta mewujudkan konservasi alam yang berkesinambungan. (jrz)

Sumber : Akhmad Fauzan, S.Hut - Kepala Resort SM Pelaihari Balai KSDA Kalimantan Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini