Balai TN Komodo Kembali Menggelar Virtual Tour Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Bogor

Rabu, 27 Oktober 2021

Cuplikan aktivitas siswa SDI Anugrah Insani Bogor saat berinteraksi dengan pemandu Balai Taman Nasional Komodo

Labuan Bajo, 27 Oktober 2021. Balai Taman Nasional Komodo gencar memberikan edukasi publik melalui program Virtual Tour Wisata Alam Taman Nasional Komodo. Virtual Tour kini menjadi sebuah tren pembelajaran baru bagi pelajar, khususnya di tengah pandemi COVID-19. Tingginya hasrat para pelajar untuk berekreasi menjelajahi destinasi wisata alam menjadi terbatas karenanya. Virtual Tour menjadi solusi efektif bagi pelajar untuk tidak hanya berlibur, namun juga belajar dari tempat kediamannya masing-masing.

Balai Taman Nasional Komodo bersama Direktorat Pemanfaatan Jasa Lingkungan Hutan Konservasi (PJLHK) berkolaborasi menyelenggarakan program Virtual Tour Taman Nasional Komodo bagi Sekolah Dasar Islam (SDI) Anugrah Insani Bogor pada tanggal 22 Oktober 2021. Kegiatan diawali dengan sambutan hangat yang disampaikan oleh Nandang Prihadi (Direktur PJLHK), disusul oleh Muhamad Reza Afrianto (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan), dan Lukita Awang Nistyantara (Kepala Balai Taman Nasional Komodo).

Tim kreatif Balai Taman Nasional Komodo yang terlibat dalam Virtual Tour antara lain: Muhammad Ikbal Putera (Pengendali Ekosistem Hutan), Novita Yanti Sidabutar (Polisi Kehutanan), Arif Ardianto Sofian (Polisi Kehutanan), Ikhwan Syahri (Polisi Kehutanan), Yovi Septia (Penyuluh Kehutanan), Samuel Tan (Mahasiswa STP NHI Bandung), Hanif Nugroho (Mahasiswa STP NHI Bandung), dan Adelgonda Tasina Naul (Mahasiswa Politeknik Elbajo Commodus). Setidaknya sebanyak 660 orang yang terdiri atas siswa SD dan guru turut hadir dalam program tersebut. Virtual Tour Taman Nasional Komodo kali ini berdurasi kurang lebih 111 Menit.

Ikbal selaku pemandu Virtual Tour Balai Taman Nasional Komodo mengajak para siswa SD berwisata mengunjungi pulau-pulau cantik mempesona dengan ekosistem savana yang identik dengan topografi Nusa Tenggara. Ikbal juga membawa siswa menyelami indahnya ekosistem bawah laut Taman Nasional Komodo dengan menunjukan berbagai biota laut yang menakjubkan. Hanya dengan berbekal gawai pintar, seluruh peserta Virtual Tour dapat menikmati perjalanan dengan bersemangat, seakan- akan mereka sendiri yang melakukan perjalanan tersebut secara langsung.

Ikbal juga menjelaskan bahwa Taman Nasional Komodo merupakan salah satu taman nasional pertama Indonesia yang ditunjuk pada tanggal 6 Maret 1980 dengan 5 pulau utama serta 143 pulau kecil lainnya. Siswa-siswa diajak pergi mendaki bukit savana Pulau Gili Lawa dan dibawa terbang mengitari cantiknya bentang alam khas pulau tersebut dari ketinggian. Siswa-siswa dipertemukan dengan berbagai satwa liar seperti diantaranya: biawak komodo, rusa timor, kerbau air, babi hutan, monyet ekor panjang, berbagai jenis burung dan biota laut lainnya, termasuk pari manta raksasa.

Siswa SDI Anugrah Insani Bogor antusias mengikuti Virtual Tour Taman Nasional Komodo sampai dengan selesai. Hal ini terbukti dengan aktifnya para siswa mengikuti permainan interaktif pada Menti.com dan mampu menyelesaikan tantangan menggambar satwa liar yang ada di Taman Nasional Komodo secara singkat. Para siswa juga sangat aktif mengajukan pertanyaan seputar biawak komodo kepada pemandu. Tim kreatif Balai Taman Nasional Komodo pun dengan sigap menanggapi setiap pertanyaan yang diajukan oleh para siswa baik melalui kanal Zoom maupun Youtube.

Balai Taman Nasional Komodo membuka kesempatan seluas-luasnya untuk institusi pendidikan mengajukan permohonan program Virtual Tour ke Balai Taman Nasional Komodo. Balai Taman Nasional Komodo juga percaya bahwa Virtual Tour dapat menjadi jembatan edukasi yang efektif khususnya dalam masa transisi pasca pandemi COVID-19 di Indonesia.

Sumber : Balai Taman Nasional Komodo

Penulis: Adelgonda Tasina Naul [Mahasiswa Politeknik Elbajo Commodus] | Penyunting: Muhammad Ikbal Putera, S.Hut., M.S.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini