Workshop Penguatan Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan di TN Taka Bonerate

Rabu, 27 Oktober 2021

Benteng – Kepulauan Selayar, 26 Oktober 2021. Wakil Bupati Kepulauan Selayar H, Saiful Arif, SH., membuka Wokrshop Penguatan Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan di Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate (TN Taka Bonerate) di Tinabo Room - Reyhan Square, Selasa (26/10/2021). Workshop ini kerjasama Balai TN Taka Bonerate bersama dengan mitra Wildlife Conservation Society – Indonesia Program (WCS-IP) untuk mengetahui potensi, karakteristik pemanfaatan sumber daya ikan, dan tantangan dalam pengelolaan perikanan berkelanjutan; harmonisasi arahan kebijakan pengembangan sektor kelautan dan perikanan di Kecamatan Taka Bonerate, dan mendapatkan masukan perbaikan rantai pasok perikanan karang dalam TN Taka Bonerate.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH., memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pihak penyelenggara dalam hal ini Balai TN Taka Bonerate dan Wildlife Conservation Society – Indonesia Program (WCS-IP) yang telah menginisiasi terlaksananya kegiatan. Beliau juga menambahkan, bahwa output dari kegiatan ini harus dapat diimplementasikan demi tercapainya perikanan berkelanjutan khususnya dalam kawasan TN Taka Bonerate. Lebih lanjut Wakil Bupati Kepulauan Selayar menyampaikan bahwa untuk mewujudkan pengelolaan perikanan berkelanjutan diperlukan sinergitas antara semua stakeholders.

“Ada tiga pilar penting untuk mewujudkan sinergitas, yaitu koordinasi, integrasi, dan sinkronisasi”, pungkas Bapak H. Saiful Arif, SH.

Lima materi diberikan oleh para narasumber yang berkompeten di bidangnya, yaitu H. Saiful Arif, SH., Wakil Bupati Kepulauan Selayar (Arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten Kepulauan Selayar); Faat Rudhianto, S.Hut., M. Si., Kepala Balai TN Taka Bonerate (Pengelolaan Taman Nasional Taka Bonerate); Dian Adi Luhur, SH., Camat Taka Bonerate (Dukungan Kecamatan dan Desa dalam Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan); Muh. Amran, S.Tp., Dinas Perikanan Kab. Kepulauan Selayar (Kebijakan Pembangunan Kelautan dan Perikanan Kab. Kepualauan Selayar), dan Muh. Ruslan Smith, S.Pi., Konsultan Perikanan (Kajian Rantai Pasok dan Rantai Nilai Perikanan Karang di TN Taka Bonerate).

Workshop ditutup Kepala Balai TN Taka Bonerate, Faat Rudhianto, S.Hut., M.Si. dengan ucapan terima kasih kepada narasumber, peserta, panitia yang sudah meluangkan waktu, pikiran, dan tenaga sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik. Kepala Balai juga berharap komitmen dari semua pihak untuk bersama-sama mengawal upaya penguatan pengelolaan perikanan berkelanjutan di kawasan TN Taka Bonerate.

Hadir pada kegiatan secara faktual antara lain Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Kepala Balai TN Taka Bonerate, Kepala Bappelitbangda Kabupaten Kepulauan Selayar, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kab. Kepulauan Selayar, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Selayar, Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Selatan, Camat Taka Bonerate, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKP Kab. Kepulauan Selayar, Koordinator PSDKP Selayar, WCS-IP, Koordinator Penyuluh Perikanan Selayar, Kepala Desa Tarupa, Kepala Desa Rajuni, Kepala Desa Latondu, Kepala Desa JInato, Kepala Desa Tambuna, Kepala Desa Khusus Pasitallu, pelaku usaha perikanan, dan perwakilan dari kelompok nelayan mitra balai TN Taka Bonerate. Selain itu acara ini juga dihadiri secara virtual oleh mitra Balai TN Taka Bonerate dari Bekal Pemimpin.

Sumber : Balai Taman Nasional Taka Bonerate

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini