Kolaborasi Pengelolaan TN Tesso Nilo Bersama Desa Lubuk Kembang Bunga

Minggu, 24 Oktober 2021

Lubuk Kembang Bunga (LKB), 22 Oktober 2021. Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) menghadiri undangan Kepala Desa Lubuk Kembang Bunga (LKB) terkait pelaksanaan kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) dan Konsep Pengelolaan Kawasan TNTN di ruang rapat Kantor Desa Lubuk Kembang Bunga, Jumat (22/10).

Rapat dipimpin langsung Kepala Desa LKB Ir. H. Rusi Chairus Slamet yang menyampaikan beberapa masukan dan permohonan antara lain pada saat kegiatan RHL dilaksanakan, pihak Balai TNTN dapat memberikan bantuan evaluasi dan monitoring hingga tanamannya tumbuh dengan baik dan subur agar hasil RHL dapat dirasakan nyata oleh masyarakat desa baik dari aspek ekologi maupun ekonomi. Selain itu, Kepala Desa LKB juga berharap pihak Balai TNTN  bersikap tegas terhadap penguasaan lahan dalam kawasan TNTN oleh oknum masyarakat tanpa ijin, khususnya pada lokasi yang masuk dalam areal RHL. Terkait tindakan tegas terhadap para pelaku penguasaan lahan tanpa ijin tersebut pihak Pemerintah Desa LKB siap mendukung, bahkan siap turun lapangan jika dilibatkan oleh Balai TNTN. Terakhir, Kepala Desa LKB menyampaikan permohonan agar BTNTN segera memproses usulan kemitraan konservasi terhadap 17 KTHK yang sudah disampaikan mengingat untuk RHL 2019 sudah masuk pada tahun ketiga agar masyarakat segera dapat mengelola tanaman RHL.

Merespon yang disampaikan Kepala Desa LKB, Kepala Balai TNTN Heru Sutmantoro, S.Hut.,M.M. mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas adanya kepedulian serta perhatian dari Pemerintah Desa LKB terhadap TNTN. "Saya sengaja langsung hadir bersama rekan-rekan dalam rapat ini juga sebagai momen silaturrahmi agar dapat bertemu langsung dengan pemdes LKB dan masyarakat, karena pastinya saya ingin belajar banyak dari masyarakat" kata Heru.

Kepala Balai TNTN menutup dengan menegaskan bahwa mengelola kawasan TNTN tidak bisa sendiri, dibutuhkan kerjasama dari semua pihak, utamanya masyarakat LKB karena jantung TNTN sebenarnya adalah masyarakat desa LKB. Terkait oknum-oknum yang masih mengganggu kegiatan RHL akan ditindak dengan tegas, jika memang membandel akan dicabut secara bersama tanaman sawit mereka. Untuk itu dukungan penuh keikhlasan dan kejujuran dari pemdes beserta masyarakat LKB sungguh-sungguh diharapkan.

Tim Balai TNTN yang hadir pada rapat antara lain Kepala Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) didampingi Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I LKB Taufiq Haryadi, SP, Kaur Kepolhutan Asari, S.Hut., Kepala Resort LKAS Dedi Ariska, SH dan Kepala Resort AHBL Ahmad Gunawan, S.Hut.

Sumber : Ahmad Gunawan. S.Hut Kepala Resort Air Hitam Bagan Limau Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini