Komunitas SEBUMI Peduli Desa Penyangga Taman Nasional Gunung Rinjani

Minggu, 24 Oktober 2021

Lombok Utara, 23 Oktober 2021. Komunitas SEBUMI melakukan aksi peduli desa penyangga Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) bersama Petani Kopi Rinjani melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat di Desa Senaru, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Selasa (19/10/2021). 

Beberapa materi diberikan dalam bentuk sharing dan diskusi lebih dalam mengenai teknik pemanenan, teknik perlakuan kopi pasca panen  termasuk proses pencucian, teknik penjemuran dan fermentasi untuk mendapatkan sensasi rasa kopi tertentu. Begitupun dengan teknik cupping (pemilahan sesuai kualitas) green beans, teknik pengemasan kopi baik berbentuk green beans maupun powder. Serta mempelajari teknik roasting dan teknik grinder sesuai alat yang digunakan, juga tata cara penyajian seperti teknik tuang air panas ke bubuk kopi sampai dengan cara menikmati kopi dari jenis yang berbeda.

Harapan dari kegiatan ini agar kopi dapat dijadikan sebagai alternatif ekonomi selain wisata, kelompok mendapat legalitas dari pemerintah, kelompok konsisten kembangkan kopi demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kelompok Petani Kopi Rinjani mempunyai komitmen menjaga kelestarian kawasan konservasi.

Komunitas SEBUMI juga melakukan pendakian Rinjani jalur Torean - Sembalun pada tanggal 24 Oktober 2021 dan dilanjutkan dengan mengunjungi Rumah Belajar Sangkabira di Desa Sembalun. Komunitas SEBUMI ini terdiri dari CEO www.kitabisa.com, CEO www.wecare.id, Youtuber #Andovidalopez dkk. Dalam kegiatan tersebut, Komunitas SEBUMI menyalurkan sumbangan berupa buku dan uang untuk rehabilitasi bangunan belajar yang diterima langsung oleh pendiri Rumah Belajar Sangkabira Bpk. MS. Wathon, SP yang memiliki 63 orang siswa.  

Pihak Balai TNGR yang dihadiri Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II dan Kepala Resort Sembalun, menyampaikan apresiasi kepada komunitas SEBUMI termasuk pula kepada Pak Wathon dengan Sangkabira-nya, karena dengan adanya kolaborasi antar orang-orang baik maka Taman Nasional Gunung Rinjani bisa lestari dan masyarakat sekitarnya sejahtera.

Rinjaninte, Rinjani Kita

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Belum terdapat komentar pada berita ini