Balai TN Manusela Percepat PKS Kemitraan Konservasi dan Hibah Jalan Usaha Tani

Jumat, 22 Oktober 2021

Masohi, 22 Oktober 2021 - Kepala Balai Taman Nasional (TN) Manusela Bapak Mhd. Zaidi,. S.Hut, M.A.P,  telah melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Pertanian dan Hotikultura Kabupaten Maluku Tengah. Kunjungan tersebut disambut langsung oleh Kepala Dinas Bapak Arsad Slamat, SP. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut pertemuan dengan Ibu Saadiah Uluputty, S.T anggota komisi IV DPR RI beberapa waktu lalu di Ambon.  (21/10/2021)

Acara tersebut diawali dengan pengalungan salendang oleh Kepala Balai TN Manusela kepada Bapak Arsad Slamat selaku Kepala Dinas sebagai tanda persahabatan dan dilanjutkan dengan diskusi mengenai proyek bantuan kepada masyarakat Saleman yg merupakan dana aspirasi anggota Komisi IV DPR RI,  yg berlokasi di dalam kawasan TN Manusela pada zona tradisional.

Kepala Dinas menjelaskan bahwa sumber dana dari kegiatan tersebut bersumber dari Kementerian Pertanian Jakarta pada bagian sarana prasarana, Dinas Pertanian membantu untuk kelengkapan administrasi pertanggungjawaban. Kepala Balai menjelaskan bahwa bantuan jalan usaha tani tersebut bisa dipenuhi walaupun berada pada zona tradisional, namun harus melalui mekanisme perjanjian hibah setelah mendapatkan arahan dari Bapak Dirjen KSDAE.

Pada kesempatan ini, disepakati bahwa kedua pihak akan membantu masyarakat untuk mempercepat proses dokumen perjanjian hibah jalan usaha tani tersebut dan Perjanjian Kerjasama (PKS) Kemitraan Konservasi kepada kelompok masyarakat untuk pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) di zona tradisional tersebut. Kepala Dinas juga berjanji akan memfasilitasi antara pihak Kementerian Pertanian dengan Balai TN Manusela untuk memastikan sumber dana tersebut berasal sehingga mempermudah proses PKS dan hibah nantinya.



Sumber : Balai Taman Nasional Manusela.

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini