Bupati Kapuas Hulu dan Bupati Murung Raya Terpesona Dengan Keindahan Danau Sentarum

Jumat, 22 Oktober 2021

Sepandan, 21 Oktober 2021. Bupati Kapuas Hulu Bpk. Fransiskus Dian yang akrab disapa Bang Sis dan Bupati Murung Raya Prov. Kalteng Bpk. Perdie M. Yoseph berkunjung ke Pulau Sepandan yang merupakan salah satu tempat andalan wisata Kapuas di Taman Nasional Danau Sentarum (TNDS). Rombongan  berjumlah 60 (enam puluh) orang terdiri dari kepala dinas, anggota dewan dan pejabat teras Kabupaten Murung Raya Kalteng, mereka terpesona dengan keindahan Pulau Sepandan yang menampilkan view landscape terbaik Taman Nasional Danau Sentarum.

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari ini dengan menikmati jalur pendakian Pulau Sepandan, presentasi singkat pengenalan TNDS dan acara ramah ramah di Kapal Bandong, merupakan rangkaian kunjungan kerja Bupati Murung Raya ke Bumi Uncak Kapuas.

Salah satu peserta rombongan sekaligus seorang youtuber menyampaikan “taman nasional ini sangat spesial dan unik, keindahan hutan rawa gambut dan pasang surutnya merupakan kekhasan yang tidak ditemukan di tempat lain”.

"Hari ini saya mengajak Bupati Murung Raya beserta rombongan jalan-jalan untuk melihat destinasi wisata yang ada di Taman Nasional Danau Sentarum. Ini merupakan salah satu tempat wisata yang bisa saya rekomendasikan untuk dijadikan tempat liburan keluarga karena tempatnya sangat representatif, juga tidak jauh dari Lanjak kurang lebih 20 menit saja menggunakan speed boat" Ungkap Bang Sis.

Gunawan Budi Hartono, Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional (PTN) Wilayah III Lanjak mewakili Kepala Balai Besar dalam presentasi singkat menyampaikan bahwa Taman Nasional Danau Sentarum merupakan salah satu taman nasional yang sudah dikenal dunia dengan segala keindahan, keunikannya, dan prestasinya. Salah satu capaian dalam pengelolaan taman nasional berbasis masyarakat selain kegiatan pemberdayaan masyarakat adalah keberhasilan Desa Pulau Majang dalam menjuarai Proklim Tahun 2020 dan menjadi desa binaan terbaik ke 4 (empat), Desa Vega sebagai  juara desa binaan terbaik ke 3 (tiga) dan juara nasional Kalfor Youth Inovation Tahun 2020 dalam bidang pengelolaaan sampah plastik menjadi bahan bakar alternatif.

Sumber : Harri Ramadani, S.Hut - Penyuluh Kehutanan Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini