Study Banding Smart Patrol Ke Taman Nasional Gunung Leuser

Kamis, 07 Oktober 2021

Pekanbaru, 7 Oktober 2021 - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau bekerjasama dengan Fauna & Flora International- Indonesia Programme (FFI)  melakukan study banding Implementasi Patroli dengan menggunakan aplikasi Spatial Monitoring and Reporting Tool (SMART) Patrol. Kegiatan dilakukan dari hari Kamis – Minggu tanggal 30 September sampai 3 Oktober 2021 di Taman Nasional (TN) Gunung Leuser, Sumatera Utara.

Dipilihnya Taman Nasional tersebut dikarenakan TN Gunung Leuser adalah salah satu UPT yang telah melaksanakan pengelolaan kawasan menggunakan aplikasi SMART Patrol.

SMART Patrol merupakan tools berupa aplikasi database yang digunakan untuk mendukung pengelolaan kawasan konservasi berbasis Resort. Dimana aplikasi yang dipergunakan untuk mengelola database terintegrasi secara langsung dengan kegiatan petugas di lapangan. Sistem ini terhubung dengan smartphone sehingga memungkinkan efektifitas pengelolaan data hasil kegiatan. Pada pelaksanaaan kegiatan selain untuk memetakan potensi sumber daya alam yang ada di dalam kawasan konservasi juga untuk untuk meningkatkan kapasitas petugas di lapangan dalam rangka perlindungan dan pengamanan hutan dari ancaman perburuan, pemukiman illegal, perkebunan illegal, serta pembukaan lahan baru secara tidah sah.

Plt. Kepala Balai Besar KSDA Riau yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal KSDAE bapak Suharyono ikut mendampingi dan memberi arahan “Semoga study banding ini dapat lebih meningkatkan kinerja Balai Besar KSDA Riau dalam mengelola dan melestarikan kawasan konservasi”.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini