Tim Gabungan Balai TN Tesso Nilo Tindak Tegas Pekerja Ilegal

Baserah, 24 September 2021. Petugas Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) kembali giatkan patroli dikawasan TN Tesso Nilo pada tanggal 21 – 24 September 2021. Delapan orang petugas gabungan dari Polhut Balai, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Lubuk Kembang Bunga (LKB) dan SPTN Wilayah II Baserah melaksanakan kegiatan dari mulai menyusuri kawasan sampai memantau  karhutla dan tipihut di kawasan TN Tesso Nilo.

Petugas sekaligus menindaklanjuti informasi kegiatan ilegal di dalam kawasan karena ditemukannya 1 (satu) unit alat berat jenis excavator yang diduga digunakan untuk melakukan pembukaan lahan perkebunan. Pada lokasi penemuan, petugas mendapati pekerja yang mengoperasikan alat tersebut dan langsung diinterogasi dengan memberikan surat pernyataan kepada pekerja untuk segera mengeluarkan alat berat serta memberhentikan aktivitas yang dikerjakan.

Mendalami kejadian tersebut, keesokan harinya penanggungjawab  terhadap aktifitas alat berat tersebut dipanggil oleh petugas untuk memberikan keterangan di kantor SPTN Wilayah II Baserah. Terduga pelaku kemudian diberikan peringatan keras serta diberlakukan proses hukum terhadap perbuatan yang dilakukan di dalam kawasan.

Pada hari ketiga kegiatan patroli petugas kembali menyusuri kawasan dengan kondisi terpantau aman dan terkendali serta tidak dijumpai adanya kegiatan ilegal yang mengancam keutuhan kawasan TN Tesso Nilo.

Sumber : Balai Taman Nasional Tesso Nilo

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini