Balai TN Aketajawe Lolobata dan Dinas LH Maluku Utara Bersihkan Pantai Wisata

Sofifi, 21 Februari 2021. Giat bersih sampah di pantai Barumadoe, Kota Tidore Kepulauan yang dilakukan pagi tadi (21/2) dilaksanakan menyambut Hari Peduli Sampah Nasional atau yang sering kita sebut dengan HPSN. Pantai Barumadoe merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Sofifi yang menyajikan pemandangan laut yang indah berlatar belakang Pulau Ternate, Pulau Tidore, dan Pulau Hiri sembari menyantap hidangan air guraka dan pisang goreng hangat. Wisatawan juga dapat berenang bersama keluarga di pantai yang tidak terlalu dalam tersebut.

Lokasi tersebut dipilih selain memberikan kesan bahwa lokasi wisata di Halmahera bersih juga sebagai sarana kampanye kebersihan lingkungan, karena beberapa pengunjung juga melihat dan tergerak turut serta memungut sampah plastik yang terdapat dilokasi pantai Barumadoe.

Peringatan HPSN ini merupakan kolaborasi antara Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL) dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Maluku Utara yang melibatkan siswa sekolah, mahasiswa dan pengelola kawasan wisata. Balai TNAL yang dipimpin langsung oleh Kepala Balai mulai menyisir bibir pantai yang telah dipenuhi sampah plastik yang terbawa arus hujan beberapa hari yang lalu. Dinas LH juga mengerahkan beberapa armada pengangkut sampah berupa truk sampah dan motor roda tiga untuk mengangkut sampah organik berupa batang kayu, ranting, rumput dan tempurung kelapa yang juga terdampar di bibir pantai wisata tersebut. Jumlah kantong sampah plastik yang berhasil dikumpulkan sebanyak 11 kantong sampah.

“Kegiatan ini merupakan kerjasama berbagai elemen, terutama Pemda Provinsi Maluku Utara, Balai TNAL serta beberapa sekolah di Sofifi dan masyarakat pengelola wisata dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional”, kata Heri Kepala Balai TNAL. “Dengan kegiatan ini kita mengkampanyekan kepada masyarakat tentang cara membuang sampah yang benar itu seperti apa”, imbuhnya.

Setelah kegiatan bersih sampah di Pantai, Kepala Dinas Lingkungan Hidup membagikan 100 tempat sampah kepada sekolah-sekolah, universitas, desa dan beberapa perkantoran.

“Semoga tempat sampah ini dapat memberikan manfaat dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan membiasakan membuang sampah pada tempatnya”, ucap Fachrudin Kepala Dinas LH.

Kegiatan ini juga diselingi dengan kegiatan kampanye perlindungan satwa liar bersama dengan komunitas Halmahera Wildlife Photography (HWP).

Sumber : Akhmad David Kurnia Putra – Polhut Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini