Call Center BBKSDA Sumut Selamatkan Kukang di Pemukiman

Langkat, 20 Agustus 2018. Call Center Balai Besar KSDA Sumatera Utara (085376699066) menerima laporan dari warga masyarakat, Samsul Bahri, tentang keberadaan 1 (satu) individu kukang (Nycticebus coucang) di pemukiman pada Kamis, 26 Juli 2018. Lebih detailnya disampaikan bahwa kukang tersebut berada di halaman rumahnya di Pasar 3 Tanjung Beringin Langkat.

Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara (BBKSDA Sumut) melalui Bidang Teknis bergerak cepat ke lokasi yang diinfokan sebagai respon cepat adanya laporan Call Center. Setibanya di lokasi, benar ditemukan 1 (satu) individu kukang dalam keadaan hidup dan masih kelihatan sehat. Petugas langsung mengevakuasi kukang tersebut dan selanjutnya dititipkan ke Pusat Rehabilitasi Kukang Indonesia Indonesia Species Conservation Program (ISCP) di Sibolangit untuk mendapat pengecekan kesehatan dan perawatan lebih lanjut. Kukang ini nantinya akan dirawat dan direhabilitasi. Setelah itu akan dilepasliarkan ke habitat alaminya setelah dinyatakan layak oleh Tim Medis.

Kedepan Balai Besar KSDA Sumatera Utara mengharapkan partisipasi aktif masyarakat untuk melapor ke call center terkait adanya satwa liar yang ke luar habitatnya untuk memudahkan proses evakuasi sehingga upaya mencegah konflik manusia dengan satwa liar dapat dilaksanakan secara lebih cepat dan tepat, guna meminimalisir kerugian baik pada manusia maupun pada satwa itu sendiri. Peran serta masyarakat ini sangat membantu upaya perlindungan dan pelestarian satwa liar khususnya di Provinsi Sumatera Utara.

Sumber : Balai Besar Konservasi Sumber Daya Sumatera Utara

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini