MERDEKA...

Senin, 19 Agustus 2019 - Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) beserta jajaran Bidang PTN Wilayah II Sukabumi sebanyak 20 orang yang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Masyarakat Mitra Polhut (MMP), Masyarakat Peduli Api (MPA), dan sukarelawan melaksanakan tugas Patroli Pengamanan Hutan dan Pencegahan Kebakaran Hutan di Jalur Pendakian pada tanggal 16 sampai 17 Agustus 2019. Dengan rute perjalanan dimulai dari pintu masuk pendakian Gunung Putri menuju Alun-alun Suryakencana, Puncak Gede, dan turun melalui pintu masuk pendakian Selabintana.

Pada rangkaian kegiatan Patroli Pengamanan Hutan dan Pencegahan Kebakaran Hutan di Jalur Pendakian, Tim mendapatkan arahan dari Kepala Bidang PTN Wilayah II Sukabumi, Syahrial Anuar dan Kepala Bidang PTN Wilayah I Cianjur, V. Diah Qurani Kristina.

Patroli bergerak pukul 17.00 WIB. Langkah demi langkah melaksanakan tugas negara sangatlah indah dalam derap korsa rimbawan membangun kebersamaan. Nikmat tiada tara bagi semua anggota yang menyambut kemerdekaan RI dengan kucuran keringat. Di tengah langkah yang semakin berat dan nafas yang semakin kencang, tidak luntur semangat tim untuk mengemban tugas dan amanat, walau nafas mulai tersendat tapi senyum dan tawa pada setiap personil masih bersemangat dan waspada dalam mengemban tugas. Akhirnya tiba di Alun-alun Suryakencana tanggal 17 Agustus 2019 tepat pukul 03.00 WIB dengan aman dan selamat seluruhnya.

Pukul 07:00 WIB personil yang terbagi dalam empat tim siap siaga untuk menyusuri setiap sudut Alun-alun Suryakencana hingga puncak Gunung Gede untuk mencegah pendakian illegal dan pencegahan kebakaran hutan. Dantim 2A Mohamad Effendi dan anggotanya menyusuri Alun-alun Barat mengarah ke jalur pendakian Selabintana. Dantim 2B Purnama Pani dan anggotanya menyisir area Alun-alun Barat mengarah ke puncak Gunung Gede. Dantim 2C Bangkit Tribakti Putra dan anggotanya menyelusuri Alun-alun Tengah mengarah ke Puncak Gunung Gede. Dantim 2D Dadang Sonandar beserta anggotanya memeriksa seluruh sudut wilayah Alun-alun Timur.

Seluruh Tim berhasil mengamankan tujuh orang pelanggar pendakian ilegal di jalur pendakian Selabintana, yang berasal dari Kecamatan Kadudampit, setelah melakukan pemeriksaan terhadap pendaki ilegal tersebut, tim bersiap untuk melaksanakan upacara penghormatan Bendera Merah Putih dalam rangka HUT Kemerdekaan RI yang ke-74 pada pukul 10:00 WIB. Meskipun hanya upacara sederhana, namun terkesan mewah dan sarat makna. Rasa haru dan tangis bahagia membaur dalam semangat merah putih. Inilah cara Taman Nasional Gunung Gede Pangrango merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 unik dan bisa dijadikan tauladan.

Selanjutnya tim bersiap melanjutkan perjalanan melalui jalur pendakian Selabintana, dengan menggiring tujuh orang pendaki ilegal, yang akan diserahkan kepada petugas Resot PTN Selabintana, untuk dilakukan proses lebih lanjut. Dengan didasari semangat kemerdekaan, Tim Bidang PTN Wilayah II Sukabumi berhasil menyelesaikan tugas negara ini, serta tiba di Resort PTN Selabintana pada pukul 18:00 WIB dengan aman dan selamat.

 

Sumber: Balai Besar TN Gunung Gede Pangrango
Teks: Purnama Pani S.
Dokumentasi: Bangkit Tribakti Putra, A.Md.

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini