Kematian Gajah Dwiki di ANECC

Jumat, 17 Februari 2023

Nekropsi Gajah Dwiki oleh Tim medis

Medan, 17 Februari 2023. Pada tanggal 18 Desember 2022 yang lalu, 2 (dua) ekor gajah “Dwiki” dan “Dini” dipindahkan dari Barumun Nagari Wildlife Sanctuary (BNWS) ke Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC). Pemindahan gajah ini dipastikan didampingi Tim medis dokter hewan dari Vesswic. Setelah sampai di ANECC dilakukan perawatan intensif dengan diberikan pakan, obat-obatan dan vitamin.

Pada tanggal 7 s.d 8 Januari 2023, Tim medis Vesswic, yaitu drh. Daniel Sianipar dan drh. Munhar melakukan kunjungan ke ANECC untuk melakukan monitoring terhadap kesehatan gajah Dwiki dan Dini. Pada saat pemeriksaan kondisi kesehatan Gajah Dwiki ditemukan kondisi luka luar di pipi kanan sudah mulai membaik dan gajah sudah mulai makan dan minum walaupun sedikit.

Pada minggu kedua Februari 2023, gajah Dwiki mulai mengalami perubahan perilaku yaitu tidak mau makan. Atas kondisi tersebut, pada tanggal 11 Februari 2023, dokter Vesswic kembali turun ke ANECC. Selanjutnya tim Vesswic juga dibantu oleh  Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati Spesies dan Genetik  dengan mengirimkan dokter hewan ahli gajah dari Taman Safari Indonesia (TSI), drh. Bongot Huaso Muka dan drh. M. Nanang Tejolaksono, untuk melaksanakan  perawatan intensif gajah Dwiki. Tindakan yang dilakukan dengan memberikan 100 botol infus, obat-obatan dan vitamin. Namun kondisi gajah Dwiki semakin melemah. dan akhirnya pada Selasa, 14 Februari 2023, pukul 06.20 Wib tidak tertolong lagi dan dinyatakan mati.

Selanjutnya dilakukan nekropsi dengan hasil sesuai dengan penjelasan dokter, gajah Dwiki mengalami infeksi pada gigi kanan bawah sehingga tidak bisa tumbuh secara normal, hal ini mengakibatkan gigi graham atas yang sehat tidak tumbuh normal, sehingga penampakan gigi menjadi asimetris antara kiri dan kanan, kelainan struktur gigi ini mengakibatkan gajah sulit untuk makan, dan makanan yang masuk berkurang, hal ini berdampak pada lambung, volumenya tidak bisa optimal, hal ini diperparah dengan intosusepsi lambung sehingga berdampak pada malnutrisi dan malabsorsi, dimana tubuh kesulitan menyerap nutrisi dari makanan sehingga terjadi penurunan kesehatan dan berat badan.

Hasil Nekropsi disimpulkan bahwa ditemukan luka rahang bagian dalam sehingga gajah tidak mau makan sehingga mengalami kematian. Pada saat Nekropsi juga dilakukan pengambilan sample bagian tubuh yaitu hati, paru, ginjal, jantung, limpa dan vesica urinaria untuk pemeriksaan Histopatologi di Balai Veteriner Medan guna mendapatkan informasi yang lebih valid terkait kematian gajah Dwiki. Selesai Nekropsi bangkai gajah Dwiki pada tanggal 14 Februari 2023 dikuburkan di lokasi ANECC, sedangkan gading gajah dipotong untuk disimpan di Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama dokter dari Jakarta juga  memeriksa semua kesehatan gajah di ANECC, Barumun Nagari Wildlife Santuary dan di Pusat Pelatihan Gajah Holiday Resort. Pemeriksaan ini meliputi kesehatan dan pengambilan sampel dan darah untuk dibawa ke laboratorium. Dengan pemeriksaan ini diharapkan kesejahteraan dan kesehatan gajah-gajah di ex situ terjamin.

Sumber : Humas Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 5

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini