Pesona Puncak Sawiah Gunung Ciremai

Jumat, 12 Oktober 2018

Kuningan, 12 Oktober 2018. Puncak Sawiyah adalah sebuah blok perkebunan yang terletak di desa Sangiang, Banjaran, Majalengka, Jawa Barat. Puncak Sawiyah berada tepat berbatasan langsung dengan hutan konservasi Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC). Jarak menuju Puncak Sawiyah dari pusat kota Majalengka sekitar 25 kilometer dan dapat ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan. Tidak ada transportasi umum menuju Puncak Sawiyah. Hanya bisa di akses menggunakan kendaran pribadi atau sewaan. Nama obyek wisata alam ini berasal dari kebun warga sekitar yang disebut perkebunan Sawiah. Kemudian pemberian nama puncaknya sendiri berasal dari ketinggiannya yang berada tepat diatas perkebunan Sawiah itu. Toponimi Puncak Sawiah itulah yang dijadikan sebagai nama objek wisata. Jadi, Puncak Sawiah bukan puncaknya gunung Ciremai.

Selain view yang sangat memanjakan mata dari ketinggian 1.300 meter diatas permukaan air laut, terdapat pula Curug Remis. Curug ini berada 1 kilometer dari Puncak Sawiah dan dapat digapai dengan berjalan kaki. Tinggi air terjun ini mencapai 100 meter. Percikan air dan hembusan anginya pasti bisa membuat sejuk tubuh kita. Disekitar curug ini juga terdapat flora seperti Kantong Semar dan fauna seperti Kijang. Destinasi Puncak Sawiah memang menawarkan spot selfie yang "anti mainstream".

Ayo jelajahi wisata alam Puncak Sawiah. Janji pecinta alam. Jangan ambil apapun kecuali gambar, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak kaki dan jangan bunuh apapun kecuali waktu [teks & foto © Gandi - BTNGC | 102018].

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Ciremai

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini