Kampanye Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan

Kuningan, 3 September 2018. Pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tidak hanya pengawasan atau patroli di daerah-daerah rawan kebakaran hutan saja. Tapi salah satunya juga dengan kampanye. Kampanye pencegahan karhutla sebagai salah satu upaya pengendalian karhutla dengan cara sosialisasi baik secara langsung maupun menggunakan media seperti spanduk, poster, stiker dan alat peraga lainnya yang berisi konten pencegahan karhutla. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota Masyarakat Peduli Api (MPA) pada 10 Agustus 2018 yang bertepatan dengan Hari Konservasi Alam Nasional. Selain MPA, hadir pula perwakilan Mitra Pengelola Wisata Gunung Ciremai (MPGC) lingkup Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Majalengka.

"Dengan melibatkan perwakilan MPGC, diharapkan informasi tentang pencegahan karhutla juga akan tersampaikan kepada pengunjung wisata", ucap Kepala SPTN Wilayah II Majalengka, Jaja Suharja dalam arahannya. MPA mesti meneruskan materi sosialisasi kepada lingkungan sekitarnya. Sedangkan MPGC menyampaikan ulang bahan kampanye kepada pengunjung wisata. Dua hal ini dilakukan untuk mempercepat penyebaran informasi pencegahan karhutla.

Penyebarluasan informasi tersebut diharapkan akan menciptakan opini publik yang melahirkan kepedulian terhadap upaya pencegahan karhutla khususnya di Taman Nasional Gunung Ciremai. Mari tingkatkan kesadaran pencegahan karhutla agar hutan kita tetap lestari. [teks © Jojo Suparjo, foto © Agus Darmawan - BTNGC | 092018]

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Ciremai

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini