Launching Ekowisata Bersama Masyarakat Ditengah Semangat Kemerdekaan

Jumat, 17 Agustus 2018

Minahasa, 16 Agustus 2018. Pantai Tandusang Tanjung Kelapa Poopoh menjadi tempat peluncuran (Launching) Role Model Balai Taman Nasional Bunaken “Ekowisata Bersama Masyarakat”. Berbagai perwakilan Pemerintah dan masyarakat, turut hadir seperti Lantamal VIII, Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Dinas Pariwisata Kabupaten Minahasa, Sekretaris Kecamatan Tombariri, BPSPL Makassar-Satker Manado, Hukum Tua Poopoh selaku tuan Rumah acara serta Tokoh agama.

Dr. Farianna Prabandari, S.Hut, M.Si Kepala Balai Taman Nasional Bunaken menyampaikan bahwa ini untuk memacu kesiapan kelompok Cahaya Trans dan Desa Poopoh dalam mengembangkan ekowisata, kedepan tentunya desa sangat berperan penting dalam berbagai aspek pengembangan. “Kami berharap berbagai potensi yang ada akan dapat diangkat dan sumber penghidupan untuk masyarakat” lanjut Farianna. 

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Kabupaten Minahasa Ir. Diane Najoan mengatakan bagian pesisir wilayah penyangga di Taman Nasional Bunaken khususnya Poopoh memang diproyeksikan sebagai Desa Ekowisata. “Kami sangat bersyukur dengan terlaksananya acara, ini merupakan awal dari agenda dan program ekowisata kedepan, serta harapan besar kepada masyarakat untuk dapat mengembangkan potensi dan meningkatkan kapasitas dalam menghadapi persaingan di era global” tambah Diane. 

Beberapa perlombaan juga digelar seperti lomba goyang tobelo, lomba balap karung, lomba lari kelereng dan menggambar untuk anak SD. Seluruh hadirin undangan dan masyarakat beserta peserta lomba goyang tobelo, berjoget bersama sebagai penanda telah diluncurkannya kegiatan Role Model Ekowisata Bersama Masyarakat di Desa Poopoh.

Sumber : Eko Wahyu Handoyo, S.Hut - PEH pada Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini