Global Tiger Day 2018 : Kearifan Lokal untuk Konservasi Harimau Sumatera

Jumat, 27 Juli 2018

Rengat, 27 Juli 2018. Sebagai salah satu habitat asli Harimau Sumatera, Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) tak henti-hentinya melakukan kampanye pelestarian satwa langka dan dilindungi ini. Peringatan Global Tiger Day (GTD) menjadi event tahunan yang pantang untuk dilewatkan. Agar lebih banyak menarik minat dan partisipasi masyarakat umum, gelaran lomba dan acara dilakukan.

Sesuai dengan tema GTD yaitu kearifan lokal untuk konservasi Harimau Sumatera, TNBT mengadakan berbagai perlombaan bertemakan Pelestarian Harimau Sumatera, meliputi lomba membuat video pendek berdurasi 60 detik, lomba mengarang puisi dan lomba mewarnai untuk anak. Publikasi lomba telah dilakukan jauh-jauh hari melalui media sosial official, penyebaran leaflet dan undangan. Talkshow radio secara live turut melengkapi kampanye pelestarian Harimau Sumatera di Radio SWAI FM Kabupaten Indragiri Hulu frekuensi 90.20 FM sebagai alat media penyebaran informasi.

Adapun narasumber talkshow antara lain Ir. Selamat, MM (Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Inhu), Darmanto SP.,M.AP (Kepala Balai TNBT), Ahmad Fanani (Aktivis LSM Yayasan Penyelamatan dan Konservasi Harimau Sumatera), Supno Hatiro (Kepala Desa Rantau Langsat) dan M.Nasir (Tokoh Masyarakat Desa Rantau Langsat).

Puncak acara pada Minggu, 29 Juli 2018 akan digelar jalan dan senam sehat, dengan door prize utama sepeda gunung sebanyak 4 (empat) unit. Pameran dan Bazaar diisi oleh berbagai produk Darmawanita Persatuan TNBT. Seluruh instansi terkait diundang untuk menyemarakkan acara, tak ketinggalan mitra Balai TNBT seperti WWF Program Sumatera, Yayasan PKHS, NGO FZS Jambi, PT.LAJ Jambi dan Cabang PT. Bank Mandiri tbk Rengat. Alunan musik gambus menjadi hiburan inti di acara GTD, dengan mendatangkan masyarakat asli suku tradisional Talang Mamak.

Dengan adanya perhelatan ini, diharapkan kepedulian dan partisipasi masyarakat umum dan Pemerintah Daerah khususnya di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) semakin tinggi dalam mendukung pelestarian Harimau Sumatera. Selain itu, TNBT semakin dikenal dan menjadi kebanggaan bagi masyarakat lokal Inhu.

Sumber : Balai Taman Nasional Bukit Tigapuluh

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini