Konsultasi Publik Desain Tapak Taman Nasional Zamrud

Rabu, 23 November 2022 BBKSDA Riau

Pekanbaru, 21 November 2022 – Balai Besar KSDA Riau menggelar Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Desain Tapak Taman Nasional (TN) Zamrud, Selasa (15/11) di Hotel Grand Mempura Siak. Materi disampaikan oleh Kepala Bidang Destinasi dan Industri Pariwisata Dinas Pariwisata Kab. Siak serta Kepala Bidang Tata Ruang Kepala Dinas PU TARUKIM Kab. Siak memberikan materi yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan draft dokumen desain tapak TN Zamrud yang disampaikan oleh Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan selaku Tim penyusun.

Konsultasi publik yang dibuka Kepala Bidang Teknis Balai Besar KSDA Riau, bapak M. Mahfud mewakili Kepala Balai Besar KSDA Riau turut dihadiri Dinas Pariwisata Kab. Siak, Dinas PU TARUKIM Kab. Siak, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Siak, KPH Tasik Besar Serkap, Camat Dayun, Camat Pusako, Kepala Desa/Penghulu Dayun, Kepala Desa/Penghulu Sungai Barbari, Kepala Desa/Penghulu Rawa Mekar Jaya, Kepala Desa/Penghulu Sungai Rawa, Perwakilan/Tokoh Masyarakat, Kepala Resort TN Zamrud dan Tim Bidang Wilayah II Siak.

Hasil konsultasi publik menghasilkan rumusan :

  1. Draft dokumen desain tapak pengelolaan wisata alam TN Zamrud yang disusun diharapkan dapat mendukung pariwisata dan usaha ekonomi di Kabupaten Siak dengan tujuan pelestarian kawasan dan memberikan manfaat bagi masyarakat.
  2. Pengelolaan pariwisata TN Zamrud perlu kolaborasi dan sinergi dengan melibatkan para pihak pemangku kepentingan, desa yang berbatasan dengan kawasan TN Zamrud, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, swasta, NGO, perguruan tinggi, Kelompok Pecinta Alam (KPA) serta pihak lainnya.
  3. Pembangunan sarana prasarana dalam mendukung kegiatan pariwisata alam di TN Zamrud diharapkan selaras dengan program Balai Besar KSDA Riau dengan program Pemerintah Kab. Siak dengan tetap mengedepankan aspek aspek keramahan dan kelestarian lingkungan antar pemangku kepentingan sesuai dengan ketentuan/aturan yang berlaku.
  4. Diperlukan peningkatan kapasitas/SDM masyarakat dan desa di sekitar kawasan untuk mendukung pariwisata alam di TN Zamrud.
  5. Pariwisata alam TN Zamrud perlu dipromosikan oleh berbagai pihak dan dimasukkan dalam kalender wisata Kabupaten Siak.

Sumber : Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini