Donasi Pendidikan di Sekitar Penyangga SM Paliyan

Senin, 26 September 2022

 Yogyakarta, 24 September 2022.  Balai KSDA Yogyakarta bersama dengan Mitsui Sumitomo Insurance Indonesia (MSIG Indonesia) menyerahkan donasi pendidikan kepada Sekolah Dasar di daerah penyangga Suaka Margasatwa (SM) Paliyan di SD Negeri Kepek I, Jum’at (23/9/22). Pemberian donasi pendidikan turut dihadiri Kepala Balai KSDA Yogyakarta – Muhammad Wahyudi, Presiden Direktur MSIG Indonesia – Mr.Shikato Takeuchi, Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan Kapanewon Paliyan – Dra. Sri Widaryati, M.Pd., M.Si.,  Kepala Sekolah SD Negeri Kepek I – Sunyoto, S.Pd, dan tamu undangan terkait lainnya.

Penyerahan donasi pendidikan merupakan agenda rutin tahunan yang dijadwalkan PT Asuransi MSIG Indonesia sebagai salah satu bentuk komitmen dalam rangka mendukung kegiatan belajar mengajar untuk mencetak generasi penerus yang lebih baik. PT Asuransi MSIG Indonesia berkeyakinan melalui donasi pendidikan yang diberikan secara rutin setiap tahunnya tersebut telah memberikan dampak nyata terhadap pengembangan diri siswa yang salah satunya melalui pertunjukkan drumband dan angklung yang dipentaskan. Harapannya donasi pendidikan yang diberikan tahun ini juga dapat mendukung kegiatan proses belajar mengajar dan dapat lebih meningkatkan pengembangan potensi dan kreatifitas siswa dalam kegiatan seni dan budaya.

Donasi pendidikan yang diberikan kepada sekolah dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah sebagaimana tercantum dalam proposal yang diajukan oleh masing-masing sekolah. Beberapa donasi pendidikan yang diberikan tahun ini diantaranya dalam bentuk pemberian buku-buku perpustakaan, peralatan musik hadroh, kostum tari dll.

Kegiatan rutin seperti ini diharapkan dapat mendukung kerjasama yang baik antara PT Asuransi MSIG Indonesia, Balai KSDA Yogyakarta dan sekolah - sekolah di sekitar kawasan SM Paliyan sehingga diharapkan ada feedback positif terhadap kawasan SM Paliyan melalui penanaman jiwa konservasi dalam diri anak-anak sejak dini.

Muhammad Wahyudi, turut menyampaikan komitmen Balai KSDA Yogyakarta dalam mendukung kegiatan nyata proyek MSIG di SM Paliyan. “Balai KSDA Yogyakarta mengapresiasi langkah nyata PT Asuransi MSIG Indonesia dalam kegiatan pemulihan ekosistem di SM Paliyan dan hasilnya sudah bisa dirasakan bersama, kawasan SM Paliyan sudah mulai menghijau dan pohon-pohon telah kembali tumbuh di kawasan konservasi ini. Kita semua menyadari bersama bahwa selain pulihnya ekosistem di kawasan, faktor manusia yang memiliki kesadaran untuk terus menjaga kawasan merupakan hal yang penting dan perlu didorong lagi. Anak-anak sekolah adalah generasi penerus bangsa yang jika sudah ditanamkan nilai-nilai konservasi sejak dini, besar harapannya mereka akan memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungannya hingga mereka dewasa nanti.” ungkap Muhammad Wahyudi.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan untuk monitoring hasil pemulihan ekosistem oleh tim MSIG Indonesia yang didampingi PT OS Selnajaya selaku pelaksana harian MSIG di lapangan dan BKSDA Yogyakarta. Selama rentang waktu 2 tahun pandemi, PT Asuransi MSIG Indonesia tidak melakukan kunjungan langsung di lapangan, sehingga momentum kali ini dilakukan untuk peninjauan lapangan dan memantau progres pemulihan ekosistem SM Paliyan yang berlangsung hingga saat ini. Setelah diskusi terkait progres pemulihan ekosistem, kegiatan ditutup dengan penanaman bersama di sekitar lokasi aula pertemuan oleh seluruh tim MSIG Indonesia dan Kepala Balai KSDA Yogyakarta.

PT Asuransi MSIG Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan MSIG, dan mitra Balai KSDA Yogyakarta yang selama ini fokus dalam upaya pemulihan ekosistem di SM Paliyan, Gunungkidul. Selain pemulihan ekosistem, kepedulian PT Asuransi MSIG Indonesia juga diwujudkan dengan pemberian bantuan pemberdayaan masyarakat dan pendidikan di sekitar kawasan SM Paliyan.

Sumber : Siti Rohimah – Penyuluh Kehutanan BKSDA Yogyakarta/ Kepala Resort SM Paliyan

Penanggung jawab berita:  Kepala Balai KSDA Yogyakarta- Muhammad Wahyudi (HP 0852-4401-2365)

Kontak informasi: Call center Balai KSDA Yogyakarta (0821-4444-9449)

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini