Evakuasi Lintas Pulau, 2 Ekor Buaya Muara Oleh Tim WRU Balai Besar KSDA Sulsel

Senin, 05 Juni 2023 Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan

Senin, 5 Juni 2023 - Tim Wildlife Rescue Unit Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan mengevakuasi 2 ekor Buaya muara (Crocodylus porosus) seberat ±300 kg dan ±7 kg dari Kabupaten Selayar melalui jalur Pelabuhan Pamatata ke Pelabuhan Bira dan kemudian dititipkan ke Lembaga Konservasi Citra Satwa Celebes di Kabupaten Gowa. Kegiatan evaluasi selama 3 hari (31 Mei - 2 Juni 2023) berjalan dengan lancar berkat dukungan unsur Balai Taman Nasional Taka Bonerate, unsur Forkompinda Kabupaten Selayar, masyarakat setempat dan Lembaga Konservasi CSC.

Menerima laporan pelaksanaan evakuasi 2 ekor buaya tersebut, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati Spesies dan Genetik, Drh. Indra Eksploitasia, M.Si menyampaikan respon positif atas kesediaan Lembaga Konservasi CSC menerima titipan satwa hasil evakuasi.

Ir. Jusman, Kepala Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan yang hadir langsung dalam proses pemeriksaan fisik buaya, penandatanganan berita acara dan pemindahan buaya ke kolam di Lembaga Konservasi CSC Kabupaten Gowa menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu proses evakuasi sejak dari Kabupaten Selayar sampai dengan tiba di lembaga konservasi.

Pada hari Rabu, 31 Mei 2023 Tim WRU Seksi Konservasi Wilayah IV Gowa berangkat ke Kabupaten Selayar untuk melakukan evakuasi 2 (dua) ekor Buaya muara yang terdiri dari: 1 (satu) ekor buaya dari laporan Kabid Trantibun Satpol PP Kabupaten Selayar (Andi Eka Putera) bahwa salah satu warga telah menemukan buaya di Kecamatan Buki saat melalut dan 1 (satu) ekor buaya dari kolam di ujung utara Pantai Tile-tile, Desa Patikarya, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Selayar.

Proses evakuasi menggunakan kandang angkut yang dimuat ke dalam mobil Truk pada tanggal 1 Juni 2023 melalui jalur laut: Pelabuhan Pamatata di Kabupaten Selayar ke Pelabuhan Bira di Kabupaten Bulukumba dan jalur darat: Pelabuhan Bira ke Lembaga Konservasi Citra Satwa Celebes (CSC) di Kabupaten Gowa. Setibanya di CSC, buaya dalam kondisi sehat, kemudian dilakukan pemeriksaan fisik yang berlangsung sampai dengan tanggal 2 Juni 2023 dini hari. Kedua ekor Buaya muara dititipkan ke Lembaga Konservasi Citra Satwa Celebes dengan dibuatkan Berita Acara Penitipan Satwa.

Hasil pemeriksaan fisik kedua ekor buaya, sebagai berikut: 

  • Buaya 1 : berat badan ±300 kg, kepala (panjang 80 cm, lebar 50 cm, kondisi mata buta permanen sebelah kiri, rongga mulut dan hidung bersih), badan (panjang 175 cm), kaki depan (panjang 55 cm), kaki belakang (panjang 83 cm), ekor (panjang 150 cm)
  • Buaya 2 : berat badan ±7 kg, kepala (panjang 17 cm, lebar 9 cm, kondisi mata normal, rongga mulut dan hidung bersih, badan (panjang 39 cm), kaki depan (panjang 14 cm), kaki belakang (panjang 18 cm), ekor (panjang 35 cm)


Sumber : Balai Besar KSDA Sulawesi Selatan

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini