Komunitas Pemuda Jinato Ikut Menanam Balai TN Taka Bonerate

Senin, 15 Juni 2020

Kepulauan Selayar, 15 Juni 2019 - Tumbuhan Cemara laut (Casuarina equisetifolia) merupakan jenis tanaman khas pantai yang berpotensi untuk rehabilitasi lahan dan konservasi tanah pantai berpasir. Jenis ini mampu menahan angin dan uap air laut yang mengandung garam, sehingga mampu mendorong perbaikan lingkungan.

Dalam upaya melakukan penghijauan di dalam kawasan, petugas bersama masyarakat semakin giat melakukan penanaman pohon Cemara Laut. Bersama Tim pembinaan habitat Balai TN Taka Bonerate dan PEH SPTN Wilayah II Jinato melanjutkan kegiatan penanaman cemara laut di Pulau Lantigiang.

Dimulai pada hari Senin hingga Rabu, tepatnya tanggal 8-10 Juni 2020.  Kegiatan yang juga melibatkan Karang Taruna Desa Jinato dan Komunitas Pemuda Jinato Peduli Konservasi ini melakukan penanaman pohon dengan jumlah bibit yang ditanam adalah sebanyak 700 bibit. Kegiatan diawali dengan breefing terkait teknis penanaman pohon yang sesuai untuk pulau kecil dengan tanah berpasir. Tak mau kalah dengan pemuda dan pemudi Desa Jinato, Risman selaku Sekretaris Desa Jinato pun turut serta dalam giat ini.

"Saya sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini dan berharap kedepan anak-anak muda di Desa Jinato dapat terus aktif terlibat dalam kegiatan-kegiatan semacam ini," Ucap Risman.

"Saya mewakili teman-teman mengucapkan terima kasih atas partisipasinya, Pemerintah Desa Jinato, Karang Taruna, Komunitas dan Operator Pulonesiatrip serta semua pihak hari ini," Ucap Anam (PEH).

 

Sumber : Balai TN Taka Bonerate

Teks & Foto : Anam - PEH

Editor : Asri - PEH

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini