Tim PEH Balai TN Taka Bonerate Pantau Pemutihan Karang di 3 Pulau

Senin, 04 Mei 2020

Taman Nasional Taka Bonerate - Kepulauan Selayar, 04 Mei 2020. Luasan area terumbu karang semakin menurun, hal ini disebabkan berbagai ancaman penyebab kerusakan oleh aktifitas manusia maupun alam, ancaman kerusakan dari alam salah satunya adalah pemutihan karang akibat perubahan iklim karena peningkatan suhu permukaan laut.

Sejauh ini, dalam memastikan fungsi terumbu karang dapat berjalan maksimal dan berkelanjutan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya termasuk prediksi tentang pemutihan karang. Oleh karenanya diperlukan kegiatan pemantauan pemutihan karang di Taman Nasional Taka Bonerate (TNTBR) dalam upaya tanggap konservatif yang adaptif.

Beberapa hari yang lalu (9 sd.15/04/2020) Balai TN Taka Bonerate melakukan kegiatan Pemantauan pemutihan karang di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah 1 Tarupa. Ada tiga pulau yang dilakukan pemantauan, yaitu Pulau Latondu Besar (64 titik) , Pulau Latondu Kecil (80 titik) dan Pulau Tinabo Kecil (36 titik).

"Ada tiga pulau yang dilakukan pemantauan, P.Latondu Besar, P. Latondu Kecil dan P. Tinabo Kecil dengan menggunakan survei cepat" jelas Saleh Rahman ( PEH) sebagai ketua tim kegiatan.

Suhu perairan saat pelaksanaan pemantauan sebesar 30 ?C. Secara umum telah terjadi pemutihan karang dengan kelas persentase pemutihan karang <25% (tidak terjadi atau pemutihan sedikit) pada seluruh life form karang, yakni karang meja, karang bercabang, karang lembaran, karang masif, karang merayap dan karang lunak, beberapa ditemukan juga hewan yang memutih seperti anemon.

Karang yang bergantung pada fotosintetis lebih cepat memutih sedangkan karang predator dapat bertahan pada penghangatan suhu lebih lama (Kompas, 17 Apr 2020).

Suhu hangat perairan Taka Bonerate akan bertahan sampai akhir mei setiap tahun berjalan, dalam masa sulit tersebut terumbu karang akan survive dengan berhemat pola makan. Mengetahui tingkat pemutihan karang dapat menjadi salah satu acuan pengambilan kebijakan dan pelaksanaan pengelolaan ekosistem terumbu karang di TN. Taka Bonerate.

Sumber : Asri - PEH Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini