Tukik Dari Poopoh Mengisi Relung Kehidupan Di Bagian Selatan TN Bunaken

Rabu, 22 April 2020

Poopoh, 21 April 2020. Bagian selatan Taman Nasional Bunaken, tepatnya di Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II sebanyak 81 ekor anak penyu (tukik) dilepasliarkan (21/4) di Pantai Tanjung Kelapa Desa Poopoh, Kecamatan Tombariri, Kabupaten Minahasa untuk memperingati Hari Bumi (22 April).

Pantai Tanjung Kelapa dipilih karena merupakan tempat favorit penyu bertelur. Pelepasliaran dilaksanakan pukul 09.00 WITA dengan mengikuti prosedur physical distancing yang dihadiri Hukum Tua Poopoh, Kepala SPTN Wilayah II Bunaken dan masyarakat sekitar. 

Jenis tukik yang dilepasliarkan adalah jenis Penyu Hijau (Chelonia mydas) dari hasil penetasan semi alami yang telurnya ditemukan oleh Berce Tolli Ketua Kelompok Cahaya Trans pada 3 Maret 2020.

"Memperingati Hari Bumi tahun ini, kita lakukan dengan pelepasliaran tukik di Desa Poopoh. Kita berharap tukik-tukik yang dilepas nantinya akan dapat membesar dan kembali ke pantai ini untuk bertelur, sehingga dapat menjadi atraksi wisata alternatif di Desa Poopoh" jelas Hendrieks A. Rundengan Kepala SPTN Wilayah II .

"Penyu Hijau tergolong satwa yang dilindungi dan masuk kategori Appendix I CITES yang berarti perdagangan secara internasional dilarang" tutup Hendrieks.

Sumber : Balai Taman Nasional Bunaken

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini