BBKSDA Papua Bersama Mitra Serahkan Bantuan Penanganan Covid-19 kepada Masyarakat

Rabu, 22 April 2020

Jayapura, 21 April 2020. Balai Besar KSDA Papua bersama mitra dari CV Siraga Raga menyalurkan bantuan kepada Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan Tenaga Pengamanan Hutan Lainnya (TPHL) di Papua. Bantuan tersebut berupa paket sembako, terdiri atas beras, minyak goreng, susu, dan makanan ringan. Kegiatan berlangsung pada 20-21 April 2020. Hal ini dilakukan mengingat dampak sosial ekonomi dari pandemi Covid-19 perlu mendapatkan penangan lebih saksama. Kegiatan ini dilakukan serentak di Wilayah Kerja Balai Besar KSDA Papua, Bidang KSDA Wilayah, dan Seksi Konservasi Wilayah (SKW), yaitu di Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke, Agats, Nabire, Biak, Serui, dan Timika.

Di Kota dan Kabupaten Jayapura yang terdapat enam resort di Kawasan CA Pegunungan Cycloop dan TWA Teluk Youtefa, mendistribusikan sembako sebanyak 148 paket. Sementara di Merauke terdistribusi 300 paket, sebagaimana yang dilaporkan Kepala Bidang KSDA Wilayah I Merauke, Irwan Effendi, S.Pi., M.Si.. Ia merincikan, 150 paket sembako diserahkan kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Merauke dan diterima langsung oleh Bupati Merauke di kantornya. Sedangkan 150 paket lainnya terdistribusi ke Kampung Pachas yang berbatasan dengan SM Danau Bian, dan Kampung Kwell yang berbatasan dengan CA Bupul. Bidang KSDA Wilayah II Nabire, SKW I Agats, SKW II Timika, SKW III Biak, SKW IV Sarmi, dan Resort Serui mendistribusikan 63 paket. Total sembako yang diserahkan kepada masyarakat sebanyak 511 paket.

Kepala Balai Besar KSDA Papua, Edward Sembiring, S.Hut., M.Si., dalam arahannya menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian kita bersama, sesuai arahan Menteri LHK melalui Pak Dirjen KSDAE agar kita membantu masyarakat di sekitar hutan. Kita tahu, selama masa pandemi Covid-19 ruang gerak kita terbatas. Meskipun jumlah bantuan ini sedikit, namun harap dilihat dari sisi kebersamaan kita sebagai keluarga. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat.” Selanjutanya, ia mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang sudah membantu, secara khusus kepada Pimpinan CV. Siraga-raga dan semua tim KSDA yang sudah bekerja keras mempersiapkan semuanya dengan baik.

Pada saat penyerahan bantuan secara simbolis di kediaman MMP di kawasan CA Pegunungan Cycloop, Edward selalu menanyakan kesehatan semua anggota MMP dan keluarga. Ia menyarankan agar mereka tetap menjaga daya tahan tubuh, menjaga kebersihan dan menaati arahan atau himbauan pemerintah serta  mendoakan semoga kita semua dijauhkan dari pandemi Covid-19. []

 

Sumber: Balai KSDA Papua

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini