Si Malu-Malu Masih Berkeliaran Di Jaringan Kabel Listrik PLN

Kamis, 16 April 2020

Lampung, 15 April 2020. Kukang sumatera (Nycticebus coucang) atau dikenal dengan satwa malu-malu ini berkeliaran dan berjalan di ranting pepohonan hutan merupakan hal yang sudah biasa, akan tetapi di Provinsi Lampung Kukang sumatera berjalan di kabel listrik dan berada di Gardu/trafo PLN yang bertegangan tinggi merupakan hal yang diluar kebiasaan dan masih menjadi pertanyaan penyebabnya.

Pada tahun 2020 ini pihak PLN dari beberapa unit layanan di Provinsi Lampung sudah beberapa kali menghubungi Call Center BKSDA Bengkulu (+628117388100) melaporkan telah mengevakuasi dan akan menyerahkan satwa liar dilindungi ini dan telah ditindaklanjuti oleh petugas Seksi Konservasi Wilayah III-Lampung. Sejak 1 Januari sampai dengan 15 April 2020 pihak PT. PLN telah menyerahkan 14 ekor kukang dan beberapa ekor terdapat luka bakar pada bagian tangan karena tersengat listrik dan untuk selanjutnya satwa tersebut dilakukan rehabilitasi dan pemeriksaan oleh dokter hewan dan petugas di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) BKSDA Bengkulu di Lampung sebelum dilepasliarkan kembali.

BKSDA Bengkulu dan pihak PT. PLN masih mencari penyebab dan solusi yang dapat dilakukan untuk mencegah ketertarikan kukang melintasi kabel listrik dan berada di gardu milik PT. PLN. Berdasarkan keterangan PT. PLN bahwa pihaknya telah rutin melakukan kegiatan pemeliharaan dengan melakukan pemangkasan ranting-ranting pohon pada jalur yang yang dilintasi jaringan kabel dan hal tersebut seharusnya sudah dapat mencegah berpindahnya kukang. Semoga upaya-upaya yang telah dilakukan dapat menyelamatkan populasi satwa ini di alam.

Sumber: Balai KSDA Bengkulu-Lampung

 

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini