Sosialisasi Virus Covid-19 di Kisaran, Sumatera Utara

Senin, 23 Maret 2020

Kisaran, 18 Maret 2020. Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran melakukan sosialisasi terkait virus corona dan satwa yang dilindungi, di pedagang burung Kisaran pada kamis silam (12/3). Sebagaimana diketahui wabah virus corona telah menyebar hampir ke seluruh negara di dunia, yang diyakini dimulai di pasar di Kota Wuhan, Provinsi Hubei Tengah, tempat penjualan hewan/satwa  liar dalam kondisi hidup. Para ahli kesehatan berpendapat virus itu diduga berasal dari kelelawar dan kemudian ditularkan ke manusia, melalui spesies lainnya.

Atas dasar itu dan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran melakukan Sosialisasi tentang peredaraan satwa kelelawar, dibeberapa pedagang burung di kota Kisaran. Dari hasil sosialisasi diketahui, bahwa pedagang burung yang berada di Kisaran tidak ada yang menjual Kelelawar. Petugas juga menghimbau pedagang agar tidak melakukan penjualan satwa Kelelawar. Disamping itu, dalam pantauan petugas di lokasi  juga tidak ditemukan adanya satwa dilindungi yang dijual secara bebas.

Untuk mencegah penularan wabah virus corona, disamping kepada pedagang burung, petugas juga memberi himbauan kepada masyarakat agar  melakukan pola hidup sehat, dengan menjaga kebersihan baik di rumah maupun di luar rumah, mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan dianjurkan untuk menghindari keramaian serta tidak melakukan kontak fisik dengan orang lain. Melalui kegiatan sosialisasi ini, Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran berharap dapat membantu mengurangi mengurangi penyebaran virus corona.

Sumber : Alfianto Luat Siregar, S.Hut., MT., MP.P - Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini