Pemerintah Kab. Halmahera Timur dan TN. Aketajawe Lolobata Bersinergi Mengembangkan Wisata

Sabtu, 21 Maret 2020

Maba, 20 Maret 2020 - Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Penguatan Fungsi Kawasan dilakukan oleh Balai Taman Nasional Aketajawe Lolobata dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Halmahera Timur (19/03) dalam rangka Pengembangan Wisata Alam Resort Ake Jawi, SPTN Wilayah III Subaim, Taman Nasional Aketajawe Lolobata (TNAL). Kegiatan yang berlangsung di Kantor Bupati Halmahera Timur tersebut disaksikan oleh Asisten III Bupati Halmahera Timur.

Asisten III Bupati, Tamrin Bahara, S.IP., yang pada kesempatan ini mewakili Sekretaris Daerah Pemkab Haltim, dalam sambutannya mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk penguatan fungsi kawasan TN Aketajawe Lolobata melalui peningkatan dan pengembangan wisata alam, khususnya di wilayah Kabupaten Halmahera Timur.

"Tujuan PKS ini adalah untuk penguatan fungsi kawasan TNAL melalui peningkatan dan pengembangan wisata alam, sebagai bagian dari upaya menjaga sekaligus memanfaatkan sumberdaya alam yang kita miliki khususnya di wilayah Kabupaten Halmahera Timur" Ujar Tamrin.

Lebih lanjut, Kepala Balai TN Aketajawe Lolobata, T. Heri Wibowo, S.Hut., M.Eng. memaparkan secara singkat potensi TN Aketajawe Lolobata, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Halmahera Timur. Beliau menambahkan sebagai salah satu upaya mengoptimalkan potensi wisata alam di kawasan TNAL, perlu dijalin sinergitas dengan pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Halmahera Timur.

"Sinergitas antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Halmahera Timur perlu dijalin untuk mengoptimalkan pemanfaatan wisata alam, khususnya di Resort Ake Jawi, Desa Ake Jawi, yang secara administratif termasuk dalam wilayah Kabupaten Halmahera Timur. Optimalisasi pemanfaatan wisata alam di Resort Ake Jawi pada hakikatnya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat Ake Jawi sebagai upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat" Ujar Heri.

Sementara itu, Hardi Musa, S.Pd., M.A., Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Halmahera Timur, dalam sambutannya mengatakan bahwa Kabupaten Halmahera Timur memiliki potensi wisata terlengkap di Maluku Utara. Beliau mendukung penuh kerja sama ini dan menyampaikan niatnya untuk berkomitmen penuh bahwa pintu utama pariwisata di Halmahera Timur akan dimulai dari kerja sama dengan TN. Aketajawe Lolobata.

"Berdasarkan penuturan para pegiat pariwisata di Maluku Utara, mereka mengatakan bahwa Kabupaten Halmahera Timur memiliki potensi wisata alam yang paling lengkap di Maluku Utara. Mulai dari wisata sejarah hingga wisata budaya, serta wisata alam yang dalam hal ini terefleksi dari keberadaan TN Aketajawe Lolobata. Kerja sama ini sangat positif untuk pengembangan wisata alam kedepannya yang tentunya bermuara pada kesejahteraan masyarakat sekitar, khususnya masyarakat desa Ake Jawi. Saya akan berkomitmen penuh pintu pariwisata Halmahera Timur akan dimulai dari kerja sama dengan taman nasional" ujar Hardi.

Kegiatan lalu dilanjutkan dengan agenda pembahasan RPP-RKT. Kepala Seksi PTN Wilayah III Subaim, Junesly F. Lilipory, S.Pi pada kesempatan tersebut mengajak kepada perwakilan masyarakat desa Ake Jawi untuk sama-sama bersinergi membangun desa Ake Jawi sebagai desa pionir yang menyumbang PAD dalam hal wisata alam di Kabupaten Halmahera Timur.

"Program pemerintah pada hakikatnya untuk meningkat kesejahteraan masyarakat. TN Aketajawe Lolobata hadir di masyarakat untuk memastikan hal itu. Mari sama-sama bersinergi mewujudkan pengembangan wisata alam di Desa Ake Jawi yang sekiranya jika berhasil, Pemerintah Desa Ake Jawi pada periode ini akan mencatat sejarah sebagai desa yang juga berkontribusi pada PAD Kabupaten Halmahera Timur dalam bidang pariwisata" Ujar Junesly.

Kegiatan lalu diakhiri dengan pembacaan doa dan sesi foto bersama peserta rapat.

 

Sumber: Aries Rafli, S.Pi (PEH Pertama) - Balai TN Aketajawe Lolobata 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini