Sape (Anggota MMP) Menyerahkan 79 Butir Telur Penyu Ke Polhut Resor Tarupa

Jumat, 20 Maret 2020

Kepulauan Selayar, 20 Maret 2020. Merebaknya wabah Covid-19 tidak mengurangi aktivitas teman-teman dalam menjaga kawasan dengan tetap mengacu pada himbauan yang ada. Kemarin (19/03) sekitar pukul 09.00 Wita, anggota Masyarakat Mitra Polhut (MMP) a.n. Sape menyerahkan telur Penyu sebanyak 79 butir yang ditemukan oleh salah satu nelayan tadi pagi. Telur Penyu tersebut diserahkan di Pos Polhut Resor Tarupa dan diterima langsung oleh Agusriadi Komandan Resor Tarupa bersama rekan.

"Pak Sape datang ke pos guna melaporkan penemuan telur penyu oleh salah satu nelayan dari Dusun Belang-belang. Setelah menerima laporan kami bergegas memindahkan ke media yang lebih besar untuk kemudian menjadi tempat penetasan semi alami," jelas Agusriadi

Menurut keterangan Sape dan temannya seorang nelayan bernama Aco Ecce yang berdomisili di Dusun Belang-Belang menemukan sarang penyu di Pulau Belang-belang.

Kronologi Cerita;

Semalam Aco keluar memancing ikan di sekitar perairan Pulau Belang-Belang. Menjelang pagi hari tepatnya pada pukul 06.00 Wita, nelayan Aco naik ke daratan pulau tersebut untuk mencari barang-barang hanyut yang tergolong masih berguna dan bermanfaat seperti gabus dan jeregen hanyut yang akan digunakan sebagai pelampung dan wadah penampungan air tawar. Sekitar setengah jam menyisir pinggir pantai di bagian Timur Pulau Belang-Belang ditemukan jejak penyu yang masih baru.

Sesaat kemudian Aco menggali pasir yang dicurigai sebagai tempat Penyu yang baru saja bertelur. Dan menemukan Telur Penyu sebanyak 79 Butir.

Besar harapan kami semoga saja kedepannya masyarakat akan semakin sadar akan pentingnya menjaga kelestarian dan kelangsungan habitat biota. Masyarakat tetap menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan petugas yang ada di lapangan dan senantiasa bersinergi menjaga kawasan.

Sumber: teks & foto © Agusriadi & Andi Firman Ali Safaat - Polhut, Editor : Asri - PEH Balai Taman Nasional Taka Bonerate

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini