Patroli SMART RBM (Teresterial) Perlindungan dan Pengamanan SM. Kerumutan Selatan

Senin, 09 Maret 2020

Pekanbaru,6 Maret 2020. Beberapa Polisi Kehutanan dan petugas Bidang Wil. I dipimpin Kasi Wil. I, bapak Sugito memenuhi panggilan rimba untuk melakukan Patroli Smart RBM (Teresterial) dalam rangka perlindungan dan pengamanan Kawasan Konservasi SM. Kerumutan Selatan di Kec. Rengat, Kab. Indragiri Hulu, tepatnya di Kawasan Hutan SM. Kerumutan, sekitar Sungai Mengkuang.

Tim melakukan patroli melalui akses air (pompong), dilanjutkan dengan berjalan kaki, karena air sedang surut.

Tim menjumpai kayu olahan sekitar (2 m³) dan 2 pondok Illegal logging. Segera dilakukan pemusnahan dengan dibakar, sebelum dilakukan pembakaran tim melakukan survey areal lokasi pondok supaya api tidak merambat, kondisi saat itu sedang lembab dan tim pun menunggu pemusnahan sampai api benar2 padam.

Kemudian Tim melakukan pemasangan spanduk peringatan/larangan pemburuan satwa liar di luar maupun di dalam Kawasan hutan. Timpun menemukan 1 pondok lagi. Tim segera membongkarnya begitu juga dengan jalan ongkak yang baru dibuat dan kebun sawit di dalam kawasan hutan yang segera dilakukan pembongkaran dan pemusnahan.

Tim mencoba melakukan penyelusuran ke hulu sungai Mengkuang dengan menggunakan sampan, dikarenakan tidak bisa di lewati pompong, di situ tim tidak ada menjumpai aktivitas Illegal logging. Yuuuk kita jaga bersama hutan yang tersisa.

Sumber: Balai Besar KSDA Riau

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini