TANAGUPA Speaks Out

Kamis, 05 Maret 2020

Sukadana - Kab. Kayong Utara, 5 Maret 2020. Pusat Informasi Balai Taman Nasional Gunung Palung (Pusinfo TANAGUPA) mengadakan event “Tanagupa Speaks Out”  di Sukadana, Rabu 4 Maret 2020. Event ini diadakan untuk lebih memperkenalkan Pusat Informasi Tanagupa kepada khalayak ramai khususnya generasi muda Kabupaten Kayong Utara.

Dalam pelaksanaannya, Pusinfo Tanagupa mengundang ASRI Kids yang merupakan binaan Yayasan Alam Sehat Lestari untuk diberikan materi tentang TANAGUPA. Mereka diajarkan cara membuat kantong tanam ramah lingkungan yang terbuat dari kertas bekas dan sabut kelapa. Karena peserta membuat sendiri kantong tanam ramah lingkungan, mereka antusias bahkan ada yang berniat untuk menularkan pengetahuan tersebut kepada orang tuanya.

Tujuan pembuatan kantong tanam ramah lingkungan ini untuk meminimalisir penggunaan plastik. Sehingga diharapkan dapat mengurangi sampah yang diakibatkan dari penggunaan kantong tanam berbahan plastik. Seperti kita ketahui bahwa plastik adalah bahan yang sulit terurai di alam. Plastik dengan ketebalan dan bahan tertentu bahkan perlu waktu ratusan tahun untuk bisa terurai. Plastik kemasan juga memiliki bahaya tersendiri jika salah dalam penggunaannya. Selain mencemari lingkungan plastik juga berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti; menyebabkan kanker, gangguan sistem saraf, depresi hingga pembengkakan hati.

Ari Wibawanto, Kepala Balai TANAGUPA mengucapkan terimakasih kepada ASRI Kids yang telah antusias mengikuti acara tersebut. Beliau berpesan “Semoga kedepannya kita lebih mengutamakan penggunaan produk yang ramah lingkungan dan sadar akan bahaya plastik sejak usia dini”.

Sumber: Balai Taman Nasional Gunung Palung

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini