Anggota Komisi IV DPR RI : Wajib Kunjungi Taman Nasional

Kamis, 05 Maret 2020

Mataram, 5 Maret 2020. Itulah sepenggal kalimat pernyataan yang disampaikan oleh Ketua Komisi IV DPR RI saat melakukan kunjungan kerja serta dialog bersama masyarakat di Resort Sembalun, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II, Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) pada hari Senin, 2 Maret 2020. Acara diawali dengan pemaparan Kepala Balai TNGR mengenai potensi keanekaragaman hayati, pengelolaan wisata pendakian dan beberapa hal penting yang menjadi fokus Taman Nasional Gunung Rinjani. Dilanjutkan Ketua Komisi IV DPR RI menyampaikan bahwa pengelola taman nasional wajib membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat dan pemerintah kabupaten serta menciptakan hubungan yang harmonis. Ketua Komisi IV DPR RI juga menegaskan komitmen Komisi IV DPR RI untuk memberikan dukungan anggaran kepada Ditjen KSDAE sebesar 15 Milyar. Anggota komisi IV DPR RI asal NTB juga berkomitmen untuk menjadikan TN Gunung Rinjani sebagai destinasi wisata utama dan mengawal anggaran untuk taman nasional sehingga dapat terwujud pengelolaan taman nasional yang berkualitas dan berkelanjutan serta tidak terganggu oleh adanya destinasi wisata baru.

Kedatangan Ketua Komisi IV DPR RI beserta rombongan yang didampingi oleh Dirjen KSDAE disambut oleh segenap jajaran pimpinan dan staf UPT KLHK di provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pemerintah daerah Provinsi NTB, pemerintah kabupaten Lombok Timur maupun masyarakat Lombok dengan pemasangan "SAPUQ" oleh Wakil Bupati Lombok Timur, Ketua Masyarakat Adat Sembalun dan Kepala SPTN Wilayah II Balai TNGR kepada Ketua Komisi IV DPR-RI, perwakilan anggota Komisi IV DPR-RI dan Dirjen KSDAE.

Dirjen KSDAE juga mengucapkan rasa terima kasih atas kunjungan dan dukungan komisi IV DPR-RI ke Taman Nasional. Semua unsur masyarakat harus mendapatkan manfaat dari keberadaan Taman Nasional. Masyarakat juga diharapkan ikut berperan dalam menjaga kelestarian hutan Taman Nasional dengan tidak melakukan penebangan pohon dan perburuan liar. Di akhir acara, Dirjen KSDAE menyerahkan plakat kepada Ketua Komisi IV DPR RI dan Ketua Komisi IV DPR RI kepada Kepala Balai TNGR. Sebelum meninggalkan lokasi rombongan Komisi IV DPR RI, Wakil Bupati Lombok Timur dan Dirjen KSDAE melakukan penanaman bibit Ketapang Kencana, Klokos, Nangka, Alpukat dan Salam di halaman Kantor Resort Sembalun.

Sumber : Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini