Festival Ujung Kulon Peringati HUT TNUK Ke 28 Tahun

Rabu, 04 Maret 2020

Legon Pakis – Tanjung Lame, 26 Februari 2020. Bertempat Gedung serba guna , Pusat Pendidikan Konservasi Berbasis Masyarakat di Legon Pakis- Tanjung Lame, Desa Ujungjaya Kecamatan Sumur, pada 26 Februari 2020 telah dilangsungkan peringatan Hari Jadi TNUK ke-28 Tahun yang di kemas dalam acara “Festival Ujung Kulon 2020”. Bupati Pandeglang, Hj.Irna Narulita, SE, MM berkesempatan hadir pada acara tersebut. Beberapa rangkaian acara dilaksanakan pada kegiatan tersebut, diantaranya adalah Peresmian Lokasi Pusat Pendidikan Konservasi Berbasis Masyarakat yang pembangunannya dilaksanakan pada tahun 2019 dengan sumber dana berasal dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Beberapa sarana prasarana yang dibangun dilokasi tersebut akan dikelola oleh masyarakat Desa Ujungjaya dan sekitarnya dengan mekanisme kerjasama dalam rangka menunjang Eko Wisata di TN.Ujung Kulon dan sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Ujungjaya.

Peresmian tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Pandeglang dilanjutkan dengan penandatangan MoU antara Balai TN Ujung Kulon dengan Desa Ujungjaya. Dampak dari kesepakatan terebut diharapkan menjadi sebuah komitmen bersama antara Pemerintah Daerah Pandeglang dengan Balai TN Ujung Kulon untuk mendukung program upaya-upaya konservasi TN Ujung Kulon bersama Masyarakat.

Dalam Festival Ujung Kulon Tahun 2020 ditampilkan pentas seni oleh siswa-siswi SD dan SMP lingkup Kecamatan Sumur juga ditampilkan pula produk- produk Pemberdayaan Masyarakat sekitar Taman Nasional Ujung Kulon serta penanaman pohon Butun di Lokasi Pusat Pendidikan Konservasi Berbasis Masyarakat oleh Bupati Pandeglang bersama para undangan.
Turut serta hadir pada Festival Ujung Kulon 2020 para Pejabat Lingkup SPKD Prov.Banten, SKPD Kabupaten Pandeglang, Forum Komunikasi Pimpinan Tingkat Kecamatan Sumur dan Cimanggu, MUI Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Para Kepala Desa, Stake Holder, Mitra Kerja TN Ujung Kulon dan Masyarakat sekitar.

“Besama Kita Bisa” ayo jadikan Taman Nasional Ujung Kulon menjadi Destinasi Eko Wisata berbasis Masyarakat dengan tetap menjaga Konservasinya.

Sumber: Balai Taman Nasional Ujung Kulon

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini