Gerakan Menanam Pohon”Gugur Gunung Mbangun Alam”

Senin, 02 Maret 2020

Senden, 1 Maret 2020. Di awal bulan maret ini, kegiatan penanaman kembali dilaksanakan di kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu. Atas inisiatif Kelompok Tani Panji Kinasih, dan kontribusi berbagai pihak, gerakan menanam pohon telah diselenggarakan. Mengusung tema “Gugur Gunung Mbangun Alam”, kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin). Diawali dengan kegiatan penanaman secara simbolis oleh Wakil Gubernur, Plt. Kepala Dinas LHK Provinsi Jawa Tengah, dan Kepala Balai TN Gunung Merbabu kemudian dilanjutkan penanaman oleh peserta kegiatan, sebanyak 6900 bibit dari jenis aren, salam, puspa, tesek, berasan, dan pampung telah ditanam.

Gerakan penanaman pohon ini diikuti oleh berbagai kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa. Berbagai instansi, kelompok masyarakat, relawan, Masyarakat Mitra Polhut, Masyarakat Peduli Api, serta Organisasi Masyarakat turut ikut serta mengambil peran dalam kegiatan ini. Selesai gerakan penanaman, dilaksanakan sarasehan serta diskusi bersama Wakil Gubernur Jawa Tengah. Dalam sambutannya Gus Yasin berpesan agar apa yang telah ditanam oleh peserta dipelihara dan tidak ditebang. Gus Yasin juga berpesan agar penanaman pohon berkayu juga dilaksanakan di lahan masyarakat. Perbanyak tanam pohon agar makin banyak pula air yang bisa disimpan dan tidak terjadi kekurangan air saat musim kemarau.

Gerakan Menanam Pohon kali ini dilaksanakan dalam upaya rehabilitasi dan konservasi pada daerah recharge area dan mata air. Oleh karena itu jenis bibit yang ditanam merupakan jenis endemik yang dapat berperan sebagai penyimpan air .

Sumber : Nur Azizah - Penyuluh Kehutanan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani

 

Berikan rating untuk artikel ini

Average Rating: 0

Komentar

Login terlebih dahulu bila ingin memberikan komentar.

Login

Belum terdapat komentar pada berita ini